Terobosan Einstein Yang Hadir Di Kala Kini

Visiuniversal--Kita mengenal Einstein sebagai seorang yang jenius, pemikir dan ilmuan besar yang mempunyai sejumlah terobosan dan karya ilmiahnya yang sangat bermanfaat bagi kemajuan dunia. Tahun 1905 ialah tahun penuh prestasi bagi Albert Einstein (Baca Tentang Albert Einstein di sini !!), alasannya ialah pada tahun ini ia menghasilkan karya-karya yang cemerlang, yang juga menjadi teladan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa kini. Berikut ini ialah terobosan Einstein yang hadir dan dipakai di masa kini;

1. Gelombang Gravitasi
Pada 11 Februari 2016, para ilmuan AS yang berbasis di Laser Gravitational-Wave Observatory (LIGO) menyatakan bahwa mereka mendengar dan mencatat bunyi dua lubang hitam yang bertabrakan hampir 1,3 miliar tahun cahaya jauhnya. Suara ini ialah bukti pertama gelombang gravitasi, yang sebelumnya telah diprediksi dan dikemukakan Einstein pada 1915.

2. Teori Relativitas Umum
Dalam teorinya, Einstein telah meramalkan adanya gelombang gravitasi di atas kertas lebih dari satu periode yang lalu. Temuan terbaru tidak hanya menandakan teorinya, tetapi juga membuka cakrawala gres bagi para astronom untuk memahami lubang hitam lebih baik.

3. Tenaga Nuklir
Meskipun Einstein tidak pernah melaksanakan penelitian wacana teknologi atom atau nuklir, teori kesetaraan energi massa memainkan tugas penting dalam membangun hubungan antara massa dan energi - yang menjadikan dasar untuk bom atom pertama.

4. Liquefied Petroleum Gas (LPG)
Salah satu dokumen yang diajukan oleh Einstein wacana gerakan Brown, membantu dalam memahami gerak acak partikel tersuspensi dalam cairan. Pencairan gas, atau perubahan gas ke cair dengan penurunan tingkat energi molekul, menjadi alasan mengapa kita sanggup dengan gampang memakai LPG.

5. Global Positioning System (GPS)
Teori relativitas dipakai dalam banyak elektronik modern kita, termasuk sistem GPS, yang terdiri dari tiga komponen: komponen kontrol, komponen ruang, dan komponen pengguna.
Komponen angkasa terdiri dari satelit yang ditempatkan di orbit tertentu. Komponen kontrol terdiri dari stasiun ke yang semua data dari komponen ruang dikirim. 

Banyak pengaruh relativistik terjadi pada sistem GPS. Karena setiap komponen dalam bingkai rujukan yang berbeda, semua pengaruh relativistik perlu diperhitungkan sehingga GPS bekerja dengan presisi. Jam yang dipakai dalam sistem GPS harus disinkronkan.
Dalam sistem GPS, medan gravitasi bumi harus dipertanggungjawabkan. Ada pengaruh relativistik dalam satelit yang ada di ruang yang perlu diperhitungkan juga. Sistem GPS bekerja dengan presisi menyerupai alasannya ialah Teori Relativitas.

6. Liquefied Natural Gas (LNG)
Sama menyerupai gas-gas lain, dengan teori Einstein yaitu proteksi gerak Brown, proses pengangkutan LNG yang berasal dari gas alam akan lebih hemat .

7. Warna Kuning Emas
Jawaban untuk warna permukaan emas yang mengkilap sanggup ditarik dari teori relativitas Einstein. Emas, logam berat, memegang elektron yang bersahabat dengan inti, sehingga memancarkan panjang gelombang cahaya, yang berarti lebih sedikit cahaya yang nampak dari bab biru dari yang terserap spektrum.

8. Pintu Otomatis
Berdasarkan prinsip-prinsip pengaruh fotolistrik, seberkas cahaya yang dilemparkan pada foto-sensor, dan ketika seseorang menghalangi cahaya dengan berdiri di bersahabat pintu, maka pintu otomatis terbuka.

9. Televisi lawas
Belum usang ini kita mengenal televisi layar LCD atau TV Plat, tetapi sebelumnya banyak televisi yang masih mempunyai layar tabung. Dengan proteksi teori relativitas Einstein, elektron dipicu dengan proteksi magnet, yang pada akibatnya membantu untuk menciptakan pixel menyala ketika menyentuh belakang layar.

10. Kamera Digital
Kamera digital menyerap cahaya melalui lensa ke sensor yang mempunyai situs foto kecil (piksel) yang sensitif terhadap cahaya. Cahaya kemudian jatuh pada piksel tersebut, elektron dilepaskan oleh pengaruh fotolistrik, yang kemudian membantu menghasilkan gambar.

11. Elektromagnetik
Elektromagnet didasarkan pada teori relativitas khusus Einstein. Bila Anda menempatkan kawat dengan arus DC satu sama lain, mereka menarik atau menolak tergantung pada arah di mana ketika bergerak.

12. Mesin Roket
Adalah teori gerak Brown Einstein yang menjelaskan pencairan gas. Pencairan materi bakar roket menyerupai hidrogen cair dan oksigen cair menciptakan mereka ramping dan lebih cocok untuk roket.

13. Merkuri ialah cairan
Teori relativitas khusus Einstein membantu mengungkap mengapa logam menyerupai merkuri cair. Sebuah atom berat menyerupai merkuri mempunyai elektron yang bergerak sangat bersahabat dengan inti, alasannya ialah ikatan lemah antara atom-nya, logam ini sanggup mencair bahkan pada suhu kamar.

14. Pemindai Barcode
Sama menyerupai kamera digital, pemindai barcode mendapatkan pola cahaya yang dipantulkan pada sel fotolistrik cahaya-sensitif.

15. Emas tidak menjadikan korosi
Meskipun mempunyai elektron tunggal di kulit terluarnya, emas tidak bereaksi menyerupai yang ditentukan oleh pengaruh relativistik Einstein. Elektron tetap bersahabat dengan inti atom mencegah logam dari korosi. Penelitian ini sangat besar lengan berkuasa terhadap pengembangan tenaga atom di banyak sekali bidang kehidupan.

Demikian wacana Terobosan Einstein yang Hadir di Masa Kini, biar bermafaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita. Terimakasih.

Source: http://u.msn.com/

0 Response to "Terobosan Einstein Yang Hadir Di Kala Kini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel