Pengertian Skk Wb Pendidikan Keaksaraan


Pengertian 

Standar kompetensi keaksaraan warga mencar ilmu pendidikan keaksaraan (selanjutnya disingkat SKK) merupakan seperangkat kemampuan keaksaraan minimal yang harus dikuasai oleh warga mencar ilmu yang mencakup kompetensi membaca, menulis, berhitung, dan berkomunikasi dalam bahasa Indonesia pada setiap tingkat keaksaraan. 

Tingkatan kemampuan keaksaraan terdiri atas: keaksaraan dasar (tingkat dasar), keaksaraan lanjut (tingkat lanjut), dan keaksaraan sanggup bangun diatas kaki sendiri (tingkat mandiri). Untuk mencapai kompetensi minimal yang tercantum dalam SKK, pembelajaran pendidikan keaksaraan terdiri atas: tingkat dasar minimal 114 jam pembelajaran, tingkat lanjut minimal 66 jam pembelajaran, dan tingkat sanggup bangun diatas kaki sendiri minimal 36 jam pembelajaran, masing-masing 60 menit untuk setiap jam pembelajaran.


SKK bertujuan untuk memperlihatkan pola dan arah bagi pengelola dan tutor pendidikan keaksaraan dalam rangka: 
  1. Menyusun silabus/materi/bahan bimbing membaca, menulis, berhitung, dan berkomunikasi dalam bahasa Indonesia; 
  2. Memilih pendekatan, strategi, metode, dan media pembelajaran membaca, menulis, berhitung, dan berkomunikasi dalam bahasa Indonesia; dan
  3. Merancang evaluasi hasil mencar ilmu membaca, menulis, berhitung, dan berkomunikasi dalam bahasa Indonesia.  
 

 Ruang Lingkup dan Substansi 
SKK mencakup kompetensi dasar, indikator, pengalaman belajar, dan hasil mencar ilmu untuk kompetensi membaca, menulis, berhitung, dan berkomunikasi dalam bahasa Indonesia pada setiap tingkatan. Kompetensi dasar yaitu seperangkat kemampuan keaksaraan minimal yang mencakup kemampuan membaca, kemampuan menulis, kemampuan berhitung, dan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Indonesia yang harus dicapai oleh warga mencar ilmu sesudah mengikuti aktivitas pendidikan keaksaraan pada tingkatan tertentu.Indikator yaitu ciri-ciri spesifik yang diperlihatkan oleh warga mencar ilmu yang apabila digabungkan ciri-ciri tersebut sanggup memperlihatkan kompetensi dasar tertentu. Pengalaman mencar ilmu yaitu serangkaian kegiatan mencar ilmu yang dialami warga mencar ilmu yang memungkinkan tercapainya kompetensi keaksaraan pada tingkatan tertentu.Hasil mencar ilmu yaitu kompetensi keaksaraan yang dicapai warga mencar ilmu sesudah mengikuti aktivitas pendidikan keaksaraan pada tingkatan tertentu.

0 Response to "Pengertian Skk Wb Pendidikan Keaksaraan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel