8 Prinsip Berguru Orang Dewasa

 Prinsip berguru orang pandai balig cukup akal di keaksaraan 8 PRINSIP BELAJAR ORANG DEWASA
Orang pandai balig cukup akal sangat berbeda dalam hal berguru dengan anak usia sekolah atau yang masih belia. Belajar orang pandai balig cukup akal lebih cenderug bersifat mandiri, orang pandai balig cukup akal tidak ingin diajar tapi ingin belajar, dan orang pandai balig cukup akal tidak ingin diguru'i, tetapi ingin berguru. Demikian ungkapan yang menggambarkan perihal bagaimana bahu-membahu berguru orang pandai balig cukup akal itu. Berikut ini beberapa prinsip berguru orang dewasa  yaitu:
               

1. Nilai Manfaat
Orang pandai balig cukup akal akan berguru dengan baik, apabila apa yang ia pelajari memiliki nilai  manfaat bagi dirinya.

2. Sesuai Dengan Pengalaman
Orang pandai balig cukup akal akan berguru dengan baik, apabila apa yang dipelajari itu sesuai atau sejalan dengan pengetahuan dan pengalaman yang ada dalam dirinya.

3. Masalah Sehari-hari
Orang dewasa  akan belajar  dengan baik,  apabila materi yang dipelajari itu berpusat di sekitar dilema sehari-hari dan ia memiliki kesempatan untuk mempraktekan, memecahkan permasalahan dengan banyak sekali cara.

4. Paktis
Orang pandai balig cukup akal akan berguru dengan baik, apabila apa yang dipelajarinya itu mudah dan gampang diterapkan. Ini berarti hal-hal yang sulit enggan untuk dipelajarinya.

5. Sesuai Kebutuhan
Orang pandai balig cukup akal akan berguru dengan baik, apabila apa yang ia pelajari sesuai dengan kebutuhannya. Setiap orang memiliki kebutuhan dan apabila kebutuhan itu sanggup dipenuhi dengan cara belajar, maka ia akan sangat kasar untuk belajar.

6. Menarik
Orang pandai balig cukup akal akan berguru dengan baik, apabila apa yang dipelajari itu menarik baginya. Jika pelajaran itu gampang dan merupakan hal yang baru, maka orang pandai balig cukup akal akan dengan bahagia hati terlibat dalam proses belajar.

7.Berpartisipasi Secara Aktif
Orang pandai balig cukup akal akan berguru dengan baik, apabila ia turut ambil bab secara penuh. Suatu acara berguru yang kurang melibatkan pesertanya akan kurang menarik dan menjenuhkan pesertanya.

8. Kerja Sama
Orang pandai balig cukup akal akan berguru dengan baik, apabila situasi antar tutor/ fasilitator/ instruktur dan pesertanya terdapat kerjasama dan saling menghargai satu sama lain. Dalam situasi semacam ini, terdapat rasa kondusif pada diri penerima dalam melaksanakan kegiatan.


Demikian 8 prinsip berguru orang pandai balig cukup akal yang harus kita pahami, biar bermanfaat, terimakasih.

0 Response to "8 Prinsip Berguru Orang Dewasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel