Ciri-Ciri Utama Ekonomi Indonesia

Visiuniversal--Warga mencar ilmu dan Siswa--sekalian, Dalam menyelenggarakan kehidupan ekonomi, setiap negara mempunyai corak yang berbeda-beda, sesuai dengan landasan pandangan hidupnya masing-masing. Indonesia dalam menyelenggarakan kehidupan ekonomi juga dipengaruhi oleh pandangan hidup bangsa Indonesia itu sendiri, yaitu berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 pasal 33 ayat 1, 2, dan 3 kehidupan ekonomi diatur sebagai berikut :

Ayat 1
"Perekonomian disusun sebagai perjuangan bersama berdasarkan asas kekeluargaan".

Ayat 2
"Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajad hidup orang banyak dikuasai oleh negara".

Ayat 3
"Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat".

Berdasarkan suara pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945 tersebut sanggup diuraikan sebagai berikut Menurut pasal 33 ayat 1 yang berbunyi : "Perekonomian disusun sebagai perjuangan bersama berdasarkan asas kekeluargaan". Untuk memenuhi tuntutan ayat ini di Indonesia di bentuk dan dipertumbuh kembangkan koperasi.

Menurut pasal 33 ayat 2 : "Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajad hidup orang banyak dikuasai oleh negara". Hal ini berarti pihak swasta tidak diperbolehkan mengusahakan cabang-cabang produksi tersebut.

Cabang-cabang yang dihentikan diusahakan swasta antara lain :
  • Yang menguasai hajad hidup orang banyak, ibarat Perusahaan Air Minum (PAM), Perusahaan Listrik Negara (PLN), Bahan Bakar Minyak (BBM) dan lain-lain.
  • Yang penting bagi negara, ibarat : Pabrik Senjata, Percetakan uang dan lain-lain.
Namun demikian swasta diberi kebebasan untuk melaksanakan acara ekonomi, sepanjang tidak bertentangan dengan suara pasal 33 ayat 2 tersebut. Oleh alasannya yaitu itu, banyak bangun perusahaan-perusahaan swasta, baik yang berbentuk perusahaan, perseroan, firma, komplotan komanditer, perseroan terbatas dan lain-lain. Dalam hal ini masyarakat diberikan kebebasan dalam menentukan pekerjaan sesuai dengan minat dan kemampuannya.

Menurut pasal 33 ayat 3 : "Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat". Berarti Pemerintah Indonesia sangat mengutamakan kepentingan umum demi kemakmuran rakyat. Sebagai anggota masyarakat kita wajib membantu negara untuk mewujudkan kesetabilan dan situasi aman dalam kehidupan perekonomian tersebut.

Sebuah referensi :
"Misalkan di tanah pekarangan kita mempunyai sumber daya alam, mengandung tambang minyak bumi yang mempunyai nilai tinggi? Apakah anda gali sendiri dan diusahakan sebagai sumber penghasilan atau anda laporkan kepada pemerintah?

Tentu harusnya dilaporkan kepada pemerintah, alasannya yaitu barang tambang merupakan kekayaan alam yang dikuasai negara untuk kemakmuran rakyat.

Dalam perjuangan memakmurkan masyarakat, pemerintah juga menaruh perhatian pada fakir miskin dan anak terlantar. hal ini sanggup kita lihat dengan adanya panti-panti asuhan yang dibina oleh Departemen Sosial.

Berdasarkan uraian di atas, sanggup kita tarik beberapa kesimpulan bahwa ciri-ciri utama kehidupan ekonomi Indonesia yaitu sebagai berikut :
a. Perekonomian disusun sebagai perjuangan bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan
b. Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajad hidup orang banyak dikuasai oleh negara.
c. Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
d. Warga negara diberikan kebebasan untuk menentukan pekerjaan yang dikehendaki serta mempunyai hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak.
e. Sumber-sumber kekayaan alam dan keuangan negara, dipergunakan dengan permufakatan lembaga-lembaga perwakilan rakyat
f. Hak milik perseorangan diakui dan pemanfaataanya dihentikan bertentangan dengan kepentingan masyarakat.
g. Potensi, inisiatif dan daya kreasi setiap warga negara dikembangkan secara penuh, sepanjang tidak merugikan kepentingan umum.
h. Fakir miskin dan bawah umur terlantar dipelihara oleh negara.

Ada tiga sektor perjuangan yang mempunyai tugas penting dalam perekonomian Indonesia yaitu:

a. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
b. Swasta
c. Koperasi

Demikian ciri-ciri utama perekonomia Indonesia, agar bermanfaat. terimakasih.

0 Response to "Ciri-Ciri Utama Ekonomi Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel