Pelaku Ekonomi Dan Pengatur Ekonomi Di Indonesia

Di Indonesia acara ekonomi melibatkan juga pelaku dan pengatur ekonomi Indonesia. hal ini sanggup dilihat dalam uraian berikut ini;

1. Pelaku Kegiatan Ekonomi

Seperti diketahui, bahwa inti dari acara ekonomi mencakup produksi, distribusi, dan konsumsi. Sekarang coba kau perhatikan sekitar daerah tinggal, niscaya banyak terlihat kegiatan-kegiatan tersebut. Kegiatan itu sanggup dilakukan oleh rumah tangga keluarga, ibarat menghasilkan barang-barang kerajinan, berjualan dan mengkonsumsi barang untuk pemenuhan kebutuhan.

Pehatikan Gambar berikut;
Gambar Sektor Formal Ekonomi Indonesia

Demikian juga anda sanggup melihat banyak perusahaan-perusahaan besar, ibarat pabrik susu, pabrik tekstil, pakaian jadi, pabrik radio, pabrik kendaraan dan sebagainya.

Perusahaan-perusahaan tersebut selain memproduksi juga mengkonsumsi bahan-bahan baku, materi penolong, dan memakai tenaga kerja. Perusahaan-perusahaan besar ini biasanya merupakan campuran dari kelompok orang pemilik modal. Baik yang dilakukan oleh rumah tangga keluarga maupun yang dilakukan oleh kelompok orang, sebagai pelaku acara ekonomi, dikenakan dnegna tubuh perjuangan swasta.

Kita juga sanggup melihat usaha-usaha yang dilakukan oleh koperasi, ibarat Koperasi Unit Desa (KUD), Koperasi Angkutan, Koperasi Nelayan dan lain sebagainya. Di Indonesia koperasi merupakan salah satu pelaku acara ekonomi yang sangat membantu masyarakat.
 
Selain tubuh perjuangan swasta dan koperasi, pemerintah juga tidak tinggal membisu dalam persoalan acara ekonomi. Kegiatan ekonomi yang secara pribadi dilakukan oleh Pemerintah ialah Badan Usaha Milik Negara (BUMN). BUMN ini secara pribadi aktif dalam acara produksi, distribusi, konsumsi, dan pelayanan. Sebagai rujukan Perusahaan Umum, PT. KAI. PERUM Pegadaian, PT. PLN, PERUM PERUMNAS, PERUM PERURI, dan sebagainya.

Berdasarkan uraian di atas sanggup disimpulkan bahwa pelaku acara ekonomi di Indonesia ialah :
a. Usaha swasta
b. Koperasi
c. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)


2. Pengatur Kegiatan Ekonomi

Yang disebut sebagai pengatur ekonomi di Indonesia ialah Perentah dengan kiprahnya sebagai pengatur ekonomi. Selain melaksanakan acara ekonomi secara langsung, melalui BUMN, pemerintah melalui kebiajakan-kebijakannya mengatur perekonomian secara umum. Adapun peranan pemerintah sebagai pengatur ekonomi antara lain :

a. Menjamin pemenuhan kebutuhan vital bagi masyarakat
Contohnya: Dengan BUMN yang menghasilkan materi bakar, listrik, jasa angkutan dan sebagainya.

b. Menjamin pemerataan distribusi materi pokok
Contohnya: adanya tubuh perjuangan logistik (Bulog)

c. Menstabilisasi harga.
Contohnya: mengadakan operasi pasar atau mengadakan larangan kenaikan harga

d. Mendorong pertumbuhan industri dalam negeri
Contohnya: mengadakan proteksi/perlindungan terhadap produk tertentu dengan larangan impor/pembatasan impor.

e. Memperluas lapangan kerja.
Contoh: mendorong perkembangan industri yang banyak menyerap tenaga kerja.

f. Mendorong adanya kerjasama antara BUMN, perjuangan swasta dan koperasi melalui Kamar Dagang dan Industri (KADIN).

0 Response to "Pelaku Ekonomi Dan Pengatur Ekonomi Di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel