Cara Bertanam Cabe/Lombok Yang Baik Dan Benar

 dalam seri acara keterampilan kita berikut ini kita akan mencoba memahami bagaimana us CARA BERTANAM CABE/LOMBOK YANG BAIK DAN BENAR
Warga belajar--sekalian, dalam seri acara keterampilan kita berikut ini kita akan mencoba memahami bagaimana perjuangan pertanian bertanam lombok/Cabe. Mengapa lombok/cabe? Lombok sangat diperlukan alasannya Di masyarakat, cabai sangat diminati sebagai pelenggakap utama dari bumbu masak, baik dimasukan dalam kuliner maupun dibentuk sambal. Sehingga cabai menjadi pecahan penting dari masakan-masakan nusantara. Oleh alasannya itu acara budidaya dan bertanam cabe/lombok menjadi peluang perjuangan yang sangat potensial menawarkan penghasilan pada warga belajar--sekalian. 


Berikut ini ringkasan dari langkah-langkah cara menanam cabai yang baik dan benar;

Pemilihan bibit cabe

Pemilihan bibit cabai yang perlu di lakukan yaitu :
- Tentukan jenis cabai yang akan di tanam misalkan : cabai rawit,cabe panjang,cabe merah
- Pilih bibit cabai yang segar
- Kupas cabai kemudian ambil biji nya selanjutnya di jemur terik matahari hingga kering.

Membuat semaian cabe

Semaian cabai memiliki 2 cara media :
- Media polybag
- Media bedengan semaian
Kedua media ini hampir sama fungsinya, tetapi kebanyakan petani memakai media jenis bedengan sebagai semaian cabe, dengan alasan lebih gampang perawatannya dan menampung lebih banyak.

Untuk media bedengan semaian cabai :
  1. Buat kembali bedengan semaian
  2. Beri pupuk sangkar dan pupuk kimia TSP secukupnya  mempercepat proses pertumbuhan bibit cabe.
  3. Taburkan bibit cab eke dalam bedengan semaian cabe
  4. Jangan lupa tutup pecahan atas mengunakan gulma kering biasanya memakai gulma alang-alang kering yang di sangga dengan kayu jarak antara tanah bedengan dan peyangga sebagai atap sekitar 50 cm biar tidak masuk secara pribadi sinar matahari ke semaian bibit cabe.
  5. Jaga kelembaban tanah bedengan tadi seoptimal mungkin  dengan cara minmal penyiraman setiap hari lewat atas gulma kering biar air yang jatuh tidak pribadi ke  tanah semaian bibit cabe. Biarkan tumbuh hingga minimal 4 helai daun sebelum di pindahkan ke lahan.
Persiapan lahan untuk tumbuhan cabe

Sambil menunggu semaian cabai tumbuh dan siap di pindahkan kelahan selanjutnya persiapkan lahan petanian untuk budidaya tumbuhan cabai harus diperhatiakan adalah:
  • Gemburkan serta buang seluruh gulma yang ada di lahan untuk penaman cabe
  • Lalu buat bedengan-bedengan dengan ukuran lebar sekitar 1 meter hingga 1,5 meterserta ketinggian bedangan sekitar 30 cm dan juga jarak antar bedengan sekitar 30 cm hingga 40cm
  • Buat lubang berjarak antara 40 cm hingga 60 cm.

Masa Penanaman cabe

Untuk masa penanaman yang cocok untuk tumbuhan cabai :
  • Pastikan kadar curah hujan yang tidak terlalu banyak
  • Pilih bibit yang dari semaian dengan minimal 4 helai daun dan dalam kondisi subur kemudian masukan ke lubang yang telah di persiapkan sebelumnya
  • Lalu tutup kembali lubang sebagai mana sebelumnya harus di siram setiap hari kalau tidak ada hujan.
  • Kalau pada isu terkini kemarau sebaiknya gunakan epilog tanah mengunakan jerami atau media lain ini di maksudkan untuk menjaga kelembaban serta menekan kekeringan dan lain sebagi nya.

Pemupukan Tanaman Cabe

Beri pupuk sangkar yang dapat  juga di campur dengan TPS dan Urea secukupnya pada setiap batang cabai di bedengan lahan tumbuhan cabe,Untuk pupuk sangkar yang paling sering di gunakan untuk menanam cabai banyak berasal dari hasil kotoran ayam,tetapi sanggup juga mempergunakan kotoran binatang yang lain sebagai kompos nya.

Perawatan Tanaman Cabe

Perawatan tumbuhan cabai yang harus di perhatiakn adalah:
- Lakukan penyiraman setiap hari
- Bersihkan setiap gulma penggangu hingga bersih
- Lakukan penyemprotan pestisida secara rutin sesuai anjuran
- Petik daun yang telah kuning biar pertumbuhan cabai menjadi produktif
- Dan lain sebagai nya

Pemetikan Hasil Panen Cabe
  • Segera lakukan panen jikalau pada pohon dan batang lombok telah terlihat banyak buah yang masak, biasanya buah berwarna merah kecuali jenis lombok hijau.
  • Lakukan pemetikan buah cabai dengan kondisi buah yang telah masak dan segar.
  • Masukan lombok/ cabai yang dipanen kedalam kemasan wadah yang pedoman atau sirkulasi udara yang sesuai biar cabai tidak cepat busuk.
Demikian cara bertanam cabai atau lombok yang baik dan benar, sebagai salah satu alternatif perjuangan bagi warga belajar, dalam rangka menambah penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Terima kasih. wassalam...

0 Response to "Cara Bertanam Cabe/Lombok Yang Baik Dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel