Cara Memotivasi Dan Teknik-Teknik Motivasi

Visiuniversal--Warga berguru dan Siswa Sekalian, kemaren kita sudah membahas ihwal sebuah teori motivasi dari Maslow, dimana Maslow beropini bahwa motivasi terkait dengan tingkatan dari kebutuhan manusia. Selain teori Maslow gotong royong telah banyak dikemukakan oleh para mahir ihwal pengertian Motivasi. Ada yang bersifat umum dan ada pula yang bersifat khusus (Baca juga pengertian dan Jenis-jenis motivasi !!).

Banyak sekali teknik yang sanggup digunakan dalam aktivitas motivasi. Teknik-teknik tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Suatu teknik sangat baik diterapkan pada kondisi tertentu, tetapi kurang efektif  pada kondisi yang lain. Oleh sebab itu yang terpenting ialah bagaimana menentukan suatu teknik yang cocok pada kondisi yang ada, sehingga motivasi sanggup mencapai tujuan yang diinginkan. Di bawah ini dijelaskan teknik-teknik yang sanggup diterapkan oleh motivator  dalam memotivasi kelompok target supaya mau menjadi warga belajar.

Teknik-teknik tersebut ialah :

A. Teknik Ajakan (Persuasi) yaitu :
Suatu teknik motivasi yang dilakukan dengan cara menjelaskan atau mengajak kelompok target supaya memahami dan mau menjadi warga berguru untuk berguru sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya.

Pada teknik ini motivator menandakan manfaat dari suatu aktivitas atau jadwal berguru dan menandakan akan bahayanya kalau tidak mengikuti aktivitas berguru tersebut.

Dengan keinginan kelompok target menyadari akan manfaat suatu aktivitas berguru dan termotivasi dirinya untuk melaksanakan aktivitas berguru yang dianjurkan tersebut.

B. Teknik Rangsangan (Stimulasi) yaitu :
Suatu teknik motivasi yang dilakukan dengan cara menjelaskan atau merangsang kelompok target dengan imbalan tertentu sehingga memahami dan mau menjadi warga berguru untuk berguru sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya.

Pada teknik ini Motivator merangsang kelompok target supaya mau menjadi warga berguru untuk mengikuti jadwal berguru yang akan dilaksanakan dengan cara menyediakan hadiah, menawarkan aneka macam bentuk penghargaan, dengan cara perlombaan atau pinjaman harapan.

C. Teknik sangsi atau Paksaan Sosial yaitu :

Suatu teknik motivasi yang dilakukan dengan cara menjelaskan dan menekankan akhir (sangsi) yang akan dialami oleh kelompok sasaran, sehingga mereka mengerti dan mau menjadi warga berguru untuk berguru sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya. Pada teknik ini motivator menawarkan ancaman ringan kepada kelompok target yang tidak mau menjadi warga berguru tanpa alasan tertentu.

D. Teknik Riak Air yaitu :

Suatu teknik motivasi yang dilakukan dengan cara menjelaskan atau memberikan pesan dengan memakai target antara. Pada teknik ini motivator memberikan pesan yang isinya mengenai aktivitas berguru dengan memakai target antara, kemudian target antara tersebut tersebut akan menyebarluaskan kepada kelompok sasaran.

E. Teknik Tempat Strategis yaitu :
Suatu teknik motivasi yang dilakukan dengan cara menentukan tempat-tempat tertentu yang dianggap strategis ibarat pasar, warung, surau, tempat-tempat hiburan dan lain-lain. Pada teknik ini motivator dalam memberikan motivasi selalu melihat situasi dimana motivasi itu sanggup dilakukan.

F. Teknik Anjangsana (Kunjungan ke rumah/kunjungan keluarga) yaitu :

Suatu teknik motivasi yang dilakukan dengan cara mengunjungi atau mendatangi rumah kelompok sasaran.

Pada teknik ini motivator mendatangi rumah kelompok target dan di sana ia menjelaskan, mendiskusikan dan melaksanakan tanya jawab mengenai materi atau materi motivasi dengan tujuan yang telah dirumuskan.

G. Kunjungan ketempat kerja yaitu :

Suatu teknik motivasi yang dilakukan dengan cara mendatangi kawasan kerja kelompok sasaran

Pada teknik ini motivator menjelaskan, mendiskusikan dan melaksanakan tanya jawab dengan kelompok sasaran.

H. Teknik Undangan yaitu :

Suatu teknik motivasi yang dilakukan dengan cara mengundang kelompok target ke suatu tempat.

Dalam menentukan kawasan untuk pelaksanaan motivasi hendaknya dipilih kawasan yang gampang dijangkau oleh para kelompok target ibarat Balai Desa, Gedung Sekolah, Lapangan, Mesjid dan lain-lain sebagainya.

I. Teknik penggunaan Media Tertulis dan Media Non Tertulis yaitu :
Suatu teknik motivasi yang dilakukan dengan cara memakai media tertulis dan media non tertulis kepada kelompok sasaran.

Pada teknik ini motivator tidak mendatangi warga berguru secara langsung, tetapi ia memakai media baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis kepada warga belajar. Media tertulis yang sering digunakan dalam teknik ini ialah :
  • Bulletin
  • Poster
  • Leaflet
  • Folder
  • dan lain sebagainya

Sedangkan media non tertulis yang sering digunakan ialah :
  • Film
  • kaset
  • Siaran Radio
  • Slide
  • dan sebagainya.

Dari teknik-teknik yang telah dijelaskan di atas, sanggup dipilih mana lebih cocok dengan situasi dan kondisi yang ada.

Sumber: Disarikan dari Buku Teknik-teknik Motivasi Proyek Pembinaan Tenaga pendidik Dirjen PLS Debdikbud Jakarta 2009

0 Response to "Cara Memotivasi Dan Teknik-Teknik Motivasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel