Mengenal Dan Memahami Otak Insan Secara Umum

Visiuniversal---Para siswa dan akseptor didik sekalian, dalam pembahasan kali ini terkait dengan acara pembelajaran IPA yang membahas wacana anatomi manusia. Kita harus memahami wacana Otak kita semoga sanggup memperbaiki dan meningkatkan kemampuan  otak tersebut. Berikut di bawah ini akan kita bahasa secara umum wacana otak manusia;


A. Pengenalan Otak

Otak insan ialah struktur sentra pengaturan yang mempunyai volume sekitar 1.350 cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Berat otak insan pada umum nya hanya seberat 1,5 KG. Otak merupakan sentra dari keseluruhan badan manusia, otak mengatur dan mengordinasikan sebagian besar gerakan, prilaku dan fungsi badan homeostasis menyerupai detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh, dan suhu tubuh.

Selain itu, Otak ialah sebuah organ badan yang mengalami proses evolusi yang paling dahsyat dan tepat dalam sejarah perkembangan manusia. Ada yang bilang otak insan sama dengan komputer atau bekerjsama lebih canggih dari sekedar komputer. perbedaan nya, jikalau kinerja komputer sanggup diuraikan secara logika, tapi tidak untuk otak.

B. Bagian-bagian dalam Otak

1. Otak Besar

Otak besar atau cerebrum ialah bab depan yang paling menonjol dari otak depan, Otak besar terdiri dari dua belahan, yaitu belahan kiri dan belahan kanan. Setiap belahan mengatur dan melayani badan yang berlawanan, belahan kiri mengatur badan bab kanan dan sebaliknya.


2. Otak Tengah

Otak tengah ialah bab otak yang mempunyai struktur tektum, terdiri dari 2 pasang colliculi yang disebut corpora quadrigemina. Inferior colliculi, terlibat pada proses pendengaran. Sementara itu, superior colliculi, berperan sebagai awal proses visual dan pengendalian gerakan mata.


3. Otak Belakang

Otak belakang mencakup jembatan Varol, sumsum lanjutan, dan otak kecil. Ketiga bab ini membentuk batang otak. Jembatan varol berisi serabut saraf yang menghubungkan lobus kiri dan kanan otak kecil.


4. Otak Kecil

Otak kecil mengatur perilaku atau posisi tubuh, keseimbangan dan koordinasi gerakan otot yang terjadi secara sadar.


C. Fungsi Otak

Fungsi otak dibagi menjadi dua bagian, yaitu otak bab kiri yang berfungsi bekerja secara logika dan otak bab kanan yang berfungsi bekerja dengan imajinasi. Dalam arti lain belahan otak kiri berfungsi untuk matematika, bahasa verbal, membaca, menulis, logika, urutan, sistematis, dan analisis. 

Sementara itu belahan otak kanan berfungsi untuk kreativitas, konseptual, inovasi,gagasan, analogis, imajinasi, mengkhayal, warna, gambar, musik, melodi, dan irama.


D. Seberapa Besar Manusia Menggunakan Kapasitas Otak?

Kapasitas dari potensi pikiran sadar insan hanya sebesar 12% dari otak nya, Sedangkan insan rata-rata hanya memakai kapasitas otak sadar kurang dari 4%. Seorang yang jenius  sanggup mengoptimalkan cara kerja otak sadar nya sebesar 5-6% dari kapasitas otak sadar insan pada umumnya yaitu, 12%.

Manusia di dunia ini yang sanggup memakai kapasitas otaknya sebesar 5-6% hanya kurang dari 100 manusia, jenis orang menyerupai demikian tidaklah banyak. Salah satunya ialah Albert Einstein.

Baca juga4 Bagian penting Otak Manusia di sini !!


Demikian wacana otak insan dan bagian-bagiannya secara umum, semoga bermanfaat. terimakasih.

0 Response to "Mengenal Dan Memahami Otak Insan Secara Umum"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel