Teknik Pembelajaran Number Head Pada Pembelajaran Cooperatif Learning Kesetaraan

 yang sanggup diterapkan dalam pembelajaran kesetaraan paket B dan Paket C TEKNIK PEMBELAJARAN NUMBER HEAD PADA PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING KESETARAAN

Teknik pembelajaran kepala bernomor (Number Heads) yang sanggup diterapkan dalam pembelajaran kesetaraan paket B dan Paket C.

Teknik pembelajaran kepala bernomor (Number Heads) dikembangkan oleh Spencer Kagan (1992) Dalam Anie Lie (2007 : 59), teknik  ini menunjukkan kesempatan kepada warga Belajar untuk saling membagikan ide-ide dan mempertimbangkan balasan yang paling tepat. Selain itu, teknik ini juga mendorong warga Belajar untuk meningkatkan semangat kolaborasi mereka dan meningkatkan kemampuan warga Belajar dalam mengemukakan pandangan gres dan pendapatnya.

Langkah pembelajaran Kooperatif (Cooperatif Learning) Teknik Kepala Bernomor (Number Head)
Langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh tutor dalam pembelajaran Kooperatif (Cooperatif Learning) Teknik kepala bernomor (Number Heads) yaitu :

  • Warga mencar ilmu dibagi dalam kelompok secara heterogenitas. Setiap warga mencar ilmu dalam setiap kelompok mendapat nomor.
  • Tutor menunjukkan kiprah dan masing-masing kelompok mengerjakannya.
  • Kelompok memutuskan balasan yang dianggap paling benar dan memastikan setiap anggota  kelompoknya mengetahui jawabannya.
  • Tutor memanggil salah satu nomor. Warga mencar ilmu dengan nomor yang didpanggil melaporkan hasil kerjasama mereka di depan kelas.
  • Kemudian kelompok lain sanggup menunjukkan masukan merespon dari hasil diskusi (menyempurnakan).
  • Tutor selanjutnya mengulangi beberapa kali dari kelompoknya yang berbeda.
  • Tutor mengkalsifikasikan apabila timbul permasalahan dan menarik kesimpulan.
Keunggulan Pembelajaran Kooperatif (Cooperatif Learning) Teknik kepala bernomor (Number Heads) yaitu:
1.    Setiap warga mencar ilmu menjadi siap untuk mengemukakan pendapat/hasil kerjasama dalam kelompok
2.    Dapat melaksanakan diskusi dengan seungguh-sungguh
3.    warga mencar ilmu yang pandai sanggup mengajari siswa yang kurang pandai.
4.    Dapat meningkatkan motivasi mencar ilmu siswa.

Sedangkan kelemahan dari pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) teknik kepala bernomor (numbered heads) dalam pembelajaran yaitu:
1.    Kemungkinan nomor yang sudah dipanggil oleh tutor, sanggup dipanggil lagi oleh tutor.
2.    Tidak semua anggota kelompok dipanggil oleh tutor, ada warga mencar ilmu yang tidak mendapat kesempatan dipanggil alasannya ialah katerbatasan waktu yang ada.

0 Response to "Teknik Pembelajaran Number Head Pada Pembelajaran Cooperatif Learning Kesetaraan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel