Penemuan Fosil Insan Purba Di Indonesia

Tengkorak Manusia Purba Pithecantropus Erectus PENEMUAN FOSIL MANUSIA PURBA DI INDONESIA
Beberapa inovasi posil insan purba terjadi dibeberapa potongan belahan dunia termasuk di Indonesia. Penemuan fosil-fosil ini melengkapi gosip dan pengetahuan wacana asal-usul dan perkembangan Makhluk hidup khususnya wacana asal ajakan insan purba.

Berikut ini yakni beberapa inovasi fosil insan purba di Indonesia dan tokoh penemunya:

1. Meganthropus Palaejavinicus

penemuan yang pertama di Indonesia yakni dari penggalian Von Koeningswald tahun 1936 - 1941 yang menemukan fosil gigi geraham kanan dan kiri insan purba di tempat Sangiran, Surakarta, Jawa Tengah. Setelah diteliti geraham tersebut yakni milik insan purba yang bertubuh besar tetapi tidak tinggi. Fosil tersebut merupakan fosil insan ang dinamakan Meganthropus Palaejavinicus.

2. Pithecantropus Erectus

Dr. E Dubois pada tahun 1890 menemukan fosil dan artefak di desa Trinil Kabupaten Ngawi Jawa Timur, beruap tulang tengkorak, tulang rahang, tulang belakang. Setelah direkontruksi terbentuk kerangka insan seolah-olah kera. Oleh sebab itu, dinamakan Pithecantropus Erectus. Pithecan beberti kera, atropus berarti manusia, dan erectus berarti tegak atau berdiri. Kaprikornus Pithecantropus Erectus berarti insan monyet yang berjalan tegak.


Tengkorak Manusia Purba Pithecantropus Erectus PENEMUAN FOSIL MANUSIA PURBA DI INDONESIA

3. Pithecantropus Robustus

Pada tahun 1936 Von Koenigswald juga menemukan fosil insan purba sejenis Pithecantropus Erectus di Kupang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Selanjutnya dalam penelitian dan penggaliannya Tahun 1939 di Trinil dia juga menemukan fosil yang dinamakan Pithecantropus Robustus.


4. Homo Soloensis

Di Desa Nandong Lembah Begawan Solo diketemukan fosil insan purba yang dinamakan Homo Soloensis. Di wajak Kabupaten Tulungagung Jawa Timur diketemukan fosil insan purba berupa tulang rahang bawah, yang dinamakan Homo Wajakensis. Berdasarkan hasil penelitian Von Koenigswald dan Dr. E Dubois, insan purba ini tingkat kehidupannya lebih tinggi dari Pithecantropus Erectus.

Demikian beberapa inovasi fosil insan purba yang ada di Indonesia, supaya bermanfaat, terimakasih.
 

0 Response to "Penemuan Fosil Insan Purba Di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel