Inilah Jenis-Jenis Ikan Air Tawar Yang Dibudidayakan

Di Indonesia banyak terdapat ikan yang sanggup dikonsumsi INILAH JENIS-JENIS IKAN AIR TAWAR YANG DIBUDIDAYAKAN
Budidaya ikan Mas
Visiuniversal---Di Indonesia banyak terdapat ikan yang sanggup dikonsumsi, baik yang bersumber dari air tawar maupun air laut. Ikan-ikan ini mempunyai nilai hemat yang tinggi jikalau diusahakan dan budidayakan dengan baik. Tetapi dari jenis ikan tersebut, yang lebih gampang untuk dibudidayakan ialah jenis-jenis ikan air tawar, sebab tidak tergantung dari daerah dan wilayah yang terbatas ibarat ikan laut. Jenis ikan air tawar berdasarkan kegunaannya digolongkan menjadi dua, yaitu golongan ikan hias dan golongan ikan konsumsi. Dari kedua golongan ikan tersebut terdapat beberapa jenis ikan yang sanggup digolongkan ke dalam golongan ikan hias sekaligus ikan konsumsi. Jenis ikan air tawar ini sanggup dikonsumsi sekaligus sanggup juga dijadikan ikan hias sebab keelokan badannya contohnya ikan sepat dan ikan mas.


Golongan ikan hias mempunyai banyak jenisnya dengan ukuran tubuh dan warna tubuh beranekaragam. Jenis-jenis ikan hias umumnya tidak untuk dikonsumsi, tetapi untuk dipelihara sebagai hiasan komplemen keindahan di taman atau di ruanga tamu. Golongan ikan konsumsi mempunyai banyak jenis dengan ukuran tubuh dan warna tubuh yang beragam. Jenis-jenis ikan yang tergolong ikan konsumsi sangat sesuai untuk materi pangan. Jenis ikan konsumsi mempunyai tingkat produktivitas daging yang tinggi sehingga cocok sebagai materi makanan. Jenis ikan konsumsi jikalau dibudidayakan dengan baik sanggup memperlihatkan hasil yang tinggi (ton per satuan luas) sehingga sanggup memperlihatkan laba yang tinggi.

Jenis ikan air tawar yang sanggup dikonsumsi tidak semua mendatangkan laba yang sama besar sebab masing-masing jenis mempunyai karakteristik dan keunggulan yang berbeda-beda, baik dari segi ukuran tubuhnya, ketebalan dagingnya, percepatan pertumbuhannya, dan kelezatan dagingnya. Oleh sebab itu, pengenalan jenis-jenis ikan air tawa yang berpotensi untuk dibudidayakan sangat penting bagi para petani ikan yang berorientasi agribisnis.

Berbagai macam jenis ikan air tawar yang telah dientaskan dari perairan umum ke kolam budidaya banyak sekali ibarat nama ikan-ikan beserta Nama latinnya berikuti ini:

1. Ikan Nila (Tilapa nilotica L)
2. Ikan Nilem (Otiochilus haseeltii)
3. Ikan Mas/Tomboro (Cyprinus carpio L)
4. Ikan Tawes (Puntius javanicus)
5. Ikan Sepat Siem (Trichogastio pectoralis R)
6. Ikan Gurami (Osphyronemus gouramy)
7. Ikan Gabus (Ophiocephalus Stariatus)
8. Ikan Betok (Anabas testudineus Bloch)
9. Ikan Biawan (Helostoma temminchii c.v)
10.Ikan Patin (Pangasius Pangasius)
11.Ikan Toman (Ophiocephalus micropeltes)
12.Ikan Jelawat (Leptobarbus hoeveni BLkr)
13.Ikan Mujair (Tilapia mossabica)
14.Ikan Betutu (Oxyeleatris masmorata BLkr)
15.Ikan Lele (Clarias batrachus)
16.Ikan Belut (Apodes)
17.Ikan Sidat (Anguilla sp)
18.Ikan Hampal/palung (Hampala macrolepidota)
19.Ikan Jendil/Wakkal (Pangasius micronema BLkr)
20.Ikan Sengkaring (Labeobarbus siamensis)
21.Ikan Bader Bang (Puntius bromoides
22.Ikan Kutuk (Channa satriata)
23.Ikan Saren (Anabas testdineus)
24.Ikan Sili (Macrognathus aculeatus)
25.Ikan Baung (Macrones sp)
26.Ikan Tageh (Macrones helitius)
27.Ikan Mengkreng (Pegasius nasutus)
28.Ikan Lampan (Puntius schwanefeldi)
29.Ikan Tambakan (Helostoma sp)
30.Ikan Bogo (Ohiocephalis gachua)


Dari sekian banyak ikan air tawar tersebut, jenis ikan gurami, ikan nila, dan ikan mas ialah jenis ikan air tawar yang mempunyai potensi besar untuk dikembangkan. Nilai jual yang tinggi usul serta kebutuhan ikan ini yang terus menerus ada sanggup menjadi pertimbangan akan pentingnya budidaya ikan tersebut.

Sumber: Dari aneka macam sumber
Sumber gambar: cara-budidayaikan.blogspot.com

0 Response to "Inilah Jenis-Jenis Ikan Air Tawar Yang Dibudidayakan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel