10 Tips Presentasi Yang Baik Dan Efektif

Untuk memaparkan dan menjelaskan sebuah konsep kepada hadirin diharapkan presentasi 10 TIPS PRESENTASI YANG BAIK DAN EFEKTIF
Untuk memaparkan dan menjelaskan sebuah konsep kepada hadirin diharapkan presentasi. Presentasi biasanya ditampilkan dalam bentuk Microsoft Power Point. Seorang pembicara dengan Presentasi yang baik memang bukan hanya sekedar kemampuan pembicara untuk menguasai bahan yang akan disampaikannya, beberapa faktor teknis juga turut menghipnotis kualitas penampilan ketika presentasi. Berikut ini yakni beberapa faktor yang menghipnotis sebuah presentasi ;
1. Kecakapan menguasai audience
Tak cukup hanya dengan kemampuan berbicara dan gaya bahasa badan yang menarik untuk menguasai audience, namun juga perlu dilakukan upaya pengontrolan apakah audience masih bersama kita atau sudah larut dengan urusan masing-masing. Banyak hal menarik yang sanggup dilakukan untuk menguasai audience, diantaranya yakni melaksanakan simulasi, memperlihatkan pertanyaan atau diskusi, memberika tayangan video dan sebagainya. Hal yang menarik sangat dibutuhkan supaya audience tidak merasa bosan ketika melihat kita presentasi.

2. Jangan berbicara pada slide
Banyak pembicara yang lebih melihat pada slide yang isinya sudah mereka ketahui daripada melihat audience. Sebaiknya pembicara lebih fokuskan mata dan perhatiannya kepada audience, perbanyak kontak mata akan menciptakan presentasi menjadi lebih menarik.

3. Kemampuan berbicara dan bahasa tubuh
Beberapa pembicara memperlihatkan kunci dan beberapa trik menyajikan presentasi melalui skill berbicara yang memikat dan sakian bahasa badan yang menarik perhatian audience. Cara berbicara merupakan hal utama yang menjadi sorotan audience ketika pembicara sedang melaksanakan presentasi dan juga gaya bahasa badan yang menyesuaikan dengan bahasa lisan. Sebagai pola yakni Mario Teguh dimana dia mempunyai gaya khas yang cukup memikat perhatian audience. Oleh sebab itu, pembicara harus mempunyai huruf khas dalam bahasa ekspresi dan bahasa tubuh.

4. Tunjukkan antusiasme
Agar pendengar tidak tmengantuk sepanjang sesi presentasi, pembicara harus memperlihatkan semangat selama memberikan bahan presentasi yang disampaikan. Seperti Steve Jobs sering memakai kata amazing, cool, dan extraordinary ketika memperkenalkan banyak sekali fitur yang dimiliki perangkat andalannya ketika itu.

5. Jelaskan poin-poin penting yang ingin disampaikan
Sebelum memulai presentasi, baiknya menjelaskan kepada audience ada berapa poin penting yang ingin disampaikan dalam presentasinya. Memberikan panduan yang terang di awal presentasi dan mengikuti alur sesuai garis besar yang kita sampaikan, membantu pendengar lebih gampang menyimak bahan yang disampaikan.

6. Buat angka menjadi berarti
Jika punya data berupa angka yang sanggup menunjang presentasi, manfaatkanlah hingga optimal. Memberikan data melalui angka, terutama apabila angka yang disampaikan cukup signifikan, biasanya akan menarik perhatian pendengar dan ingin tau untuk terus menyimak.

7. Latihan atau simulasi
Agar bahan yang disampaikan sanggup dipresentasikan dengan lancar, tentunya latihan sangat diperlukan. Sebagai pola kesuksesan presentasi yang dilakukan Steve Jobs kabarnya lahir dari belasan jam yang ia relakan untuk melatih terus menerus penyampaian presentasinya. Jangan lupakan juga detail penting, menyerupai slide yang menarik atau goresan pena yang terang terbaca sebagai penggalan dari persiapan.

8. Kuasai materi
Menguasai bahan artinya pembicara sanggup menentukan bahan yang harus ditekankan dan bahan yang sanggup dihilangkan supaya menciptakan presentasi menjadi lebih efektif. Penguasaan bahan ini menciptakan pembicara akan menjadi lebih nyaman pada ketika presentasi dan menciptakan presentasi berjalan dengan baik.

9. Jiwai bahan yang akan dibawakan
Membawakan presentasi tidaklah sama menyerupai membacakan puisi, pembicara tidak perlu menghafal bahan yang akan dibawakan, setiap presentasi membutuhkan 2 hal, yakni harus hidup dan mempunyai energi. Hal ini akan diperoleh kalau pembicara menjiwai bahan yang anda bawakan.

10. Background yang sederhana
Background yang dipakai pada setiap slide harus diperhatikan. Jangan hingga ada kalimat yang tidak bisa terbaca dengan terang sebab penggunaan banckground yang terlalu kontras.

Sumber: disarikan dari banyak sekali sumber!!

0 Response to "10 Tips Presentasi Yang Baik Dan Efektif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel