Ikan Napoleon (Cheilunus Undulatus)

Ikan Napoleon (Cheilunus Undulatus) ialah salah satu jenis ikan karang besar yang hidup pada tempat tropis. Panjang ikan ini sanggup mencapai 1.5 meter. Dan beberapa ikan sanggup mencapai ukurang hingga 180 kg pada usia 50 tahun. Kehidupan binatang ini umumnya sama dengan ikan karang lain yang hidup secara soliter. Salah satu keunikan binatang ini ialah lingkar bola matanya yang sanggup melihat arah sudut pandang hingga 180 derajad. Ikan ini mempunyai referensi produksi yang hermaphrodite. Biasanya ikan ini lahir sebagai binatang jantan dan akan menjelma betina ketika menjadi dewasa.

Ikan ini mempunyai cara makan yang unik sebagai ikan karang yaitu dengan berpengaruh sekali membongkar karang mati dengan gigi besarnya untuk mencari siput dan cacing-cacing yang terkubur. Mereka gemar sekali makan kerang-kerangan yang berukuran besar menyerupai Triton. Ikan ini sanggup memecahkan cangkang kerang-kerangan tersebut dengan gampang untuk diambil dagingnya. Bunyi gerusan mulutnya ketika makan, sangat menarik bagi para penyelam wisatawan yang melihat ikan ini menyerupai sekelompok belum dewasa kecil yang sedang memakan kembang gula. Kadang-kadang juga ikan besar ini mengasah giginya pada karang massif (padat) sehingga meninggalkan bekas goresan-goresan yang berbentuk menakjubkan.

Ikan Napoleon banyak terdapat di Kepulauan Anambas, Pulau Laut Natuna dan sekitar Laut Cina Selatan. Ikan ini menjadi ikan karang termahal yang banyak ditangkap oelh para nelayan dan di ekspor ke luar negeri. Harga satu ekor ikan Napoleon sanggup mencapai satu jutaan. Para nelayan menyebabkan ikan Napoleon sebagai penopang hidup yang menjanjikan. Saat ini ikan Napoleon sudah dibudidayakan oleh masyarakat setempat.



0 Response to "Ikan Napoleon (Cheilunus Undulatus)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel