4 Prinsip Pembelajaran Keaksaraan Fungsional

Dalam pembelajaran keaksaraan fungsional (KF), terdapat empat prinsip utama yang perlu dipahami terutama oleh tutor, yakni :
  1. Konteks lokal: Kegiatan pembelajaran dilaksana-kan menurut minat, kebutuhan, pengalaman dan budaya lokal serta potensi yang dimiliki atau yang ada disekitar warga belajar. 
  2. Desain lokal: Tutor bersama warga mencar ilmu KF perlu merancang aktivitas mencar ilmu di kelompok mencar ilmu sebagai tanggapan atas kebutuhan-kebutuhan mencar ilmu warga belajar.
  3. Partisipatif: Tutor melibatkan warga mencar ilmu berpartisipasi secara aktif dari mulai tahap perencanaan, evaluasi hasil mencar ilmu hingga dengan tindak lanjut pembelajaran.
  4. Pemanfaatan hasil belajar: Hasil pembelajaran merupakan kecakapan yang sanggup memecahkan dilema keaksaraannya dan meningkatkan mutu kehidupan warga mencar ilmu KF.
Keempat prinsip utama tersebut harus diperhatikan dalam menyusun aktivitas pembelajaran Keaksaaraan fungsional yang efektif.

0 Response to "4 Prinsip Pembelajaran Keaksaraan Fungsional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel