Ringkasan Pengertian Bangsa Dan Negara



Warga belajar--Visiuniversal, berikut ini kita akan memahami apa yang dimaksut dengan bangsa dan Negara itu. Dalam pembelajaran bahan PPKn dan Sosiologi akan kita temukan pembahasan tentang  Bangsa dan Negara ini. Berikut ini ringkasan dari pengertian Bangsa dan Negara Tersebut yang harus kita pahami;
Bangsa menurut aturan yaitu rakyat atau orang-orang yang berada di dalam suatu masyarakat aturan yang terorganisasi. Bangsa yaitu sekelompok komunitas insan yang mendiami suatu wilayah tertentu, dimana mereka mempunyai latar belakang sejarah yang sama, serta bertekad membangun masa depan bersama atau tujuan bersama.
Ernest Renan menyampaikan bangsa yaitu ‘le desir d’etre ensemble’ atau kehendak akan bersatu. Jadi, bangsa yaitu suatu gerombolan insan yang mau bersatu atau merasa dirinya bersatu.
Otto Bauer dalam bukunya yang berjudul ‘Die Nationalitatenfrege’ menyampaikan bangsa yaitu “Eine nation is eute aus schiksalsgemeinshaft erwachsene charaktergemeinchaft’ atau suatu persatuan perangai yang timbul alasannya yaitu persatuan nasib.
 Istilah Negara berasal dari bahasa Sansekerta, nagari atau nagara yang berarti kota. Istilah Negara diterjemahkan dari kata de staat (Belanda), I’etat (Prancis). Kata state diambil dari bahasa Italia, yaitu stato, yang dipakai pertama kali oleh Niccolo Macchiavelli pada era 15. 

Berikut ini beberapa pengertian Negara berdasarkan para hebat sebagai berikut :

1.Roger H. Soltau

Negara yaitu biro atau kewenangan yang mengatur atau mengendalikan persoalan-persoalan bersama atas nama masyarakat

2.Miriam Budiardjo

Negara yaitu suatu tempat yang rakyatnya diperintah oleh sejumlah pejabat dan yang berhasil menuntut dari warganya ketaatan ada peraturan perundang-undangan melalui penguasaan (control) monopolistis dari kekuasaan yang sah.

3.Djokosoetono

Negara yaitu suatu organisasi insan atau kumpulan manusia-manusia yang berada di bawah suatu pemerintah yang sama

4.G. Pringgodigdo

Negara yaitu suatu organisasi kekuasaan atau organisasi kewibawaan yang harus memenuhi persayaratan unsure-unsur tertentu, yaitu harus ada pemerintah yang berdaulat, wilayah tertentu dan rakyat yang hidup dengan teratur sehingga merupakan suatu bangsa.

Demikian semoga warga mencar ilmu sekalian sanggup memahami dan mengerti wacana pengertian Bangsa dan Negara ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

0 Response to "Ringkasan Pengertian Bangsa Dan Negara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel