Rahasia Di Balik Penciptaan Keyboard Papan Ketik Komputer

Tahukah kau papan ketik yang sedang ada dihadapan kau itu, ternyata mempunyai rentang sejarah dari kelahiran dan penciptaannya. Pada awalnya penciptaan papan ketik komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibentuk oleh Christopher Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Papan ketik komputer pertama diadaptasi dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman goresan pena jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC memakai pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat masukkan dan keluaran.

Meskipun pengembangan perangkat input alternatif menyerupai tetikus, layar sentuh, perangkat pena, pengenalan karakter dan pengenalan suara, perangkat papan ketik tetap yang paling fleksibel dan paling sering dipakai untuk pribadi (manusia) masuk ke komputer. Papan ketik biasanya mempunyai karakter yang diukir atau dicetak di masing-masing tombol dan tekan tombol biasanya simbol tertulis tunggal. Namun, untuk menghasilkan beberapa simbol harus menekan dan menahan beberapa tombol secara bersamaan atau secara berurutan. Sementara tombol papan ketik yang menghasilkan huruf, angka atau gejala (karakter), tombol lain atau menekan tombol secara bersamaan sanggup menghasilkan tindakan atau perintah pada komputer.

Dalam penggunaan normal, papan ketik dipakai untuk memasukkan teks dan angka ke dalam pengolah kata editor, teks atau aktivitas lain. Dalam sebuah komputer modern, penafsiran umumnya tombol kiri untuk perangkat lunak. Sebuah papan ketik komputer membedakan setiap tombol fisik dari setiap lainnya dan melaporkan semua pementingan tombol untuk mengontrol perangkat lunak. Papan ketik juga dipakai untuk permainan komputer, baik dengan papan ketik biasa atau papan ketik khusus yang memakai fitur game, yang sanggup mempercepat kombinasi tombol yang sering digunakan. Sebuah papan ketik juga dipakai untuk menawarkan perintah ke sistem operasi komputer, menyerupai Ctrl-Alt-Delete di Windows, yang menyediakan jendela kiprah menutup komputer. Ini satu-satunya cara untuk memasukkan perintah pada antarmuka baris perintah.

Pengertian  dan jenis-jenis Keyboard

 Keyboard yaitu alat untuk menuliskan perintah melalui abjad dan angka ke dalam layar monitor yang sebelumnya perintah tersebut diolah secara elektronis oleh Central Processing Unit (CPU). Bentuk keyboard secara umum sama dengan tombol pada mesin ketik, perbedaannya yaitu jumlah tombol keyboard untuk aksara, angka dan perintah lainnya lebih banyak dari pada yang terdapat pada mesin ketik. Data atau perintah sanggup dimasukkan ke dalam komputer melalui keyboard. Kaprikornus keyboard merupakan penghubung antara manusia  dan komputer.


Berikut ini beberapa jenis dan bentuk keyboard:


1. Keyboard QWERTY


Sesuai dengan namanya QWERTY yang merupakan gugusan huruf pada barisan paling atas pada keyboard. Keyboard ini diproduksi oleh Perusahaan Remington pada tahun 1873 dan rancangan keyboard ini pertama kali dipakai pada mesin ketik di USA tahun 1874. Keyboard QWERTY merupakan pengembangan dari mesin ketik. Susunan tombol dipilih untuk mengurangi loncatan pementingan tombol yang tidak sengaja pada mesin ketik manual. Misal huruf ‘s’, ‘t’, dan ‘h’ diletakkan berjauhan meskipun sering dipakai bersama dalam kalimat bahasa Inggris. Sampai ketika ini, keyboard jenis Qwerty tetap digunakan.

2. Keyboard DVORAK

Keyboard ini dibentuk pada tahun 1936. Keyboard Dvorak diciptakan menurut prinsip kerja biomekanis dan efisiensi. Susunan letak tombol huruf dengan jenis QWERTY dibentuk sedemikian rupa sehingga 56 % ketukan ada pada ajun dan jari-jari yang lebih banyak bekerja yaitu jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Susunan tombol huruf menurut frekuensi penggunaannya. Huruf-huruf yang ada pada baris tengah lebih sering diketuk kira-kira hingga 70 % dan perpindahan antar baris hanya sekitar 10 %,huruf-huruf yang umum, biasanya berada dibawah jari-jari yang lebih banyak didominasi dan Mampu meningkatkan kecepatan pengetikan 10 – 15 % serta mengurangi kelelahan tangan.

3. Keyboard KLOCKENBERG

Keyboard ini dibentuk dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua bab keyboard (bagian kiri dan kanan). Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibentuk miring ke bawah. Selain itu, keyboard KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibentuk lebih erat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman. Keyboard KLOCKENBERG tampak lucu lantaran dipisahkan bab kiri dan kanannya yang relatif lebih banyak memakan ruang.

4.CHORD Keyboard

Hanya mempunyai beberapa tombol antara 4 hingga 5. Untuk memasukkan suatu huruf harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Ukurannya kompak, sangat cocok untuk aplikasi yang portabel. Waktu training singkat, pementingan tombo-tombol mencerminkan bentuk huruf yang diinginkan Kecepatannya tinggi Kurang populer, lantaran pada pemakaian yang usang akan menimbulkan kelelahan pada tangan.

5.keyboard MALTRON

Tak menyerupai keyboard pada umumnya yang datar, keyboard ini dibentuk agak cekung ke dalam. Dengan pertimbangan bahwa pada ketika jari-jari diposisikan akan mengetik, maka jari-jari itu dijamin tidak akan membentuk satu garis lurus. Produsen Maltron berkeyakinan bahwa pada dasarnya, hanya dipakai 8 jari dari sepuluh jari yang tersedia ketika insan mengetik dengan keyboard biasa.Dengan mengetik di keyboard biasa, maka jari tangan harus menyesuaikan diri dengan bentuk keyboard. Hal ini diklaim oleh mereka sanggup menimbulkan RSI (Repetitive Stress Injuries). Sementara, dengan memakai Maltron, keyboardnyalah yang akan menyesuaikan dengan tangan. Dengan bentuk yang unik menyerupai ini, Maltron menjamin kenyamanan jari tangan di ketika mengetik sehingga tidak menimbulkan RSI bahkan sanggup jadi akan meningkatkan kecepatan mengetik alasannya yaitu yang dipakai yaitu 10 jari bukannya 8 jari.

6. Keyboard Proyeksi

Untuk menghemat daerah (diletakkan di atas permukaan apa saja asalkan datar), Bekerja dengan memakai sensor gerak, bila jari melaksanakan gerak tertentu, sistem scanning akan mengirim sinyal ke chip komputer seolah user menekan tombol tertentu. Digunakan contohnya pada PDA sebagai pengganti mouse.

Demikianlah diam-diam di balik penciptaan keyboard papan ketik komputer, agar bermanfaat. terimakasih.

Sumber: http://malammbegadang.blogspot.com

0 Response to "Rahasia Di Balik Penciptaan Keyboard Papan Ketik Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel