Manfaat Mempelajari Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Kemaren di kelas ada warga berguru yang bertanya, kenapa kita berguru bahasa Indonesia, Apa manfaat mempelajari mata pelajaran Bahasa Indonesia.  Dan pertanyan tersebut belum kita jawab dengan tuntus, nah untuk melengkapi tanggapan kemaren berikut ini silakan disimak manfaat mempelajari mata pelajaran Bahasa Indonesia tersebut sebagai berikut :

Bahasa mempunyai tugas sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional akseptor didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa dibutuhkan membantu akseptor didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpatisipasi dalam masyarakat yang memakai bahasa tersebut dan menemukan serta memakai kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.

Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan akseptor didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara mulut maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan insan Indonesia.

Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal akseptor didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan perilaku faktual terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi akseptor didik untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global.

Dengan pemahaman dan penguasaan akseptor didik terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia maka dibutuhkan sanggup :
  1. Peserta dididk sanggup membuatkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta sanggup menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya dan hasil intelektual bangsa sendiri;
  2. Tutor sanggup memusatkan perhatian pada pengembangan kompetensi bahasa akseptor didik dengan menyediakan banyak sekali acara berbahasa dan sumber belajar;
  3. Guru dan tutor sanggup lebih sanggup bangkit diatas kaki sendiri dan leluasa dalam memilih materi latih sesuai dengan kondisi lingkungan tempat berguru dan kemampuan akseptor didiknya;
  4. Orang bau tanah dan masyarakat sanggup secara aktif terlibat dalam pelaksanaan jadwal di tempat belajar;
  5. Daerah sanggup memilih materi dan sumber berguru sesuai dengan kondisi dan kekhasan kawasan dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.
Adapun yang menjadi tujuan bagi siswa, akseptor didik, warga berguru dalam mempelajari Bahasa Indonesia semoga sanggup mempunyai kemampuan antara lain :
  1. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan adat yang berlaku baik secara mulut maupun tulis.
  2. Menghargai dan besar hati memakai bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
  3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan sempurna dan kreatif untuk banyak sekali tujuan
  4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
  5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus kebijaksanaan pekerti serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
  6. Menghargai dan membuatkan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual insan Indonesia.
Sumber: Acuan Kurikulum kesetaraan 2010

0 Response to "Manfaat Mempelajari Mata Pelajaran Bahasa Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel