Fungsi Tujuan Jadwal Pembelajaran Paket A, B, Dan C

Memaknai Pendidikan di Indonesia secara umum FUNGSI TUJUAN PROGRAM PEMBELAJARAN PAKET A, B, dan C
Memaknai Pendidikan di Indonesia secara umum, dalam pembangunan insan Indonesia yang seutuhnya. Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana yang diamanatkan dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, pemerintah telah tetapkan bahwa pendidikan merupakan prioritas dalam pembangunan. Dalam penyelenggaraan pembangunan pendidikan ini teladan dasarnya ialah Undang-undang Nomor 20 tahun 2013 perihal Sistem Pendidikan Nasional. Dalam undang-undang tersebut dijelaskan bahwa penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan melalui jalur formal, nonformal, dan informal. Pendidikan kesetaraan merupakan jadwal jalur pendidikan nonformal yang terdiri dari jadwal Paket A setara SD/MI, Paket B setara SMP/MTs, dan Peket C setara SMA/MA.

Salah satu fungsi jadwal Paket A dan Paket B ialah untuk mendukung suksesnya jadwal wajib mencar ilmu pendidikan Dasar 9 tahun dengan target penduduk usia Pendidikan Dasar yang alasannya yakni banyak sekali hal tidak mengikuti atau tertampung di SD/MI dan SMP/MTs. Sedangka jadwal Paket C diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan mencar ilmu masyarakat yang ingin memperoleh pendidikan secara Sekolah Menengah Atas (SMA/MA).

Dalam jadwal dan aktivitas Pembelajaran Program Paket A, Paket B, dan Paket C dilakukan melalui pendekatan tutorial, mencar ilmu kelompok, dan mencar ilmu berdikari dengan memakai materi mencar ilmu yang sesuai. Salah satu materi mencar ilmu berupa modul yang menerapkan prinsip ketuntasan mencar ilmu dan maju berkelanjutan. Dengan prinsip menyerupai ini akseptor didik sanggup mencar ilmu lebih berdikari didampingi tutoria pada waktu-waktu tertentu. Ketersediaan materi mencar ilmu yang bermutu, bervariasi, dan dalam jumlah yang cukup merupakan salah satu indikator keberhasilan pendidikan kesetaraan. 

Memaknai Pendidikan di Indonesia secara umum FUNGSI TUJUAN PROGRAM PEMBELAJARAN PAKET A, B, dan C

Menurut pengalaman penulis dilapangan, aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh warga mencar ilmu cenderung berorientasi pada kebutuhan fungsional, dimana warga mencar ilmu akan aktif melaksanakan aktivitas pembelajaran tersebut sejauh aktivitas pembelajaran tersebut sanggup pribadi mendukung aktivitas perjuangan atau kehidupan mereka sehari-hari. Orientasi mencar ilmu yang dilakukan lebih bersifat kepentingan ekonomi dan perjuangan yang dilakukan warga mencar ilmu sehari-hari.

Karena itu untuk kepentingan pembelajaran warga belajar,  seharusnya pihak terkait menyusun materi mencar ilmu dan modul Paket A, Paket B, dan Paket C untuk memperluas keragaman pelayanan bahan-bahan mencar ilmu bagi akseptor didik pendidikan kesetaraan, baik warga mencar ilmu setara maupun warga mencar ilmu paket A, Paket B, Paket C Fungsional. 

Sumber : disarikan dari banyak sekali sumber PNF Kesetaraan !!
 
 

0 Response to "Fungsi Tujuan Jadwal Pembelajaran Paket A, B, Dan C"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel