Cara Identifikasi Kelompok Mencar Ilmu Pendidikan Non Formal (Pnf)

Proses identifikasi kelompok berguru yaitu proses inovasi kelompok target yang akan dij CARA IDENTIFIKASI KELOMPOK BELAJAR PENDIDIKAN NON FORMAL (PNF)
Proses identifikasi kelompok berguru yaitu proses inovasi kelompok target yang akan dijadikan sebagai mittra kerja FPBI dalam melakukan acara perjuangan yang telah ditetapkan, melalui acara yang telah dilaksanakan sebelumnya. Kegiatan ini mencakup bagian-bagian menyerupai di bawah ini :

A. Tujuan
Kegiatan identifikasi kelompok berguru ini, bertujuan untuk mencari calon kawan kerja FPBI dalam melakukan usahanya, semoga sanggup memenuhi kebutuhan dari aspek-aspek yang diharapkan oleh FPBI, Supaya pelaksanaan perjuangan sanggup terealisasi dengan baik sesuai dengan tujuan.

B. instrumen
Instrumen yang sanggup dipergunakan dalam acara identifikasi kelompok berguru adalah, sebagai berikut:
    No.
    Indikator
    Kondisi
    Ket
    Baik
    Tidak baik
    1.
    Warga Belajar



    2.
    Panti Belajar



    3.
    Sarana Prasarana



    4.
    Tenaga Pendidik



    5.
    Pengelola



    6.
    Dana



    7.
    Hasil Belajar



    8.
    Proses Belajar



    9.
    Ragi belajar



    10.
    Evaluasi



1. Nama kelompok belajar, dengan kriteria-kriteria sebagai berikut  :
- Nama Kelompok Belajar
- Jenis Usaha
- Berdiri
- Jumalh warga belajar
- Alamat 

2. Istrumen yang sanggup dipergunakan untuk menggali potensi yang dimiliki kelompok berguru sebagai berikut : 


 
C. Proses
  1. Mendatangi kelompok yang memiliki aspek yang dibutuhkan oleh FPBI dan mengidentifikasi aspek yang ada pada kelompok belajar, sebagai materi untuk menentukan kelompok berguru yang akan menjadi kawan usaha.
  2. Menyebarkan isu melalui selebaran yang berisi wacana FPBI yang sedang membutuhkan kelompok berguru untuk dijadikan kawan usaha.
  3. Mendatangi SKB/BPKB untuk meminta isu berkenaan dengna kelompok berguru yang memiliki aspek yang dibutuhkan oleh FPBI untuk melakukan usaha.
  4. Melaksanakan konfirmasi dengang TLD maupun penilik, wacana keberadaan kelompok berguru yang sesuai dengan kebutuhan untuk melakukan usaha.
  5. Mendapatkan data wacana kelompok berguru yang sanggup dijadikan kawan kerja oleh FPBI, beserta aspek-aspek yang dipunyai oleh kelompok berguru masing-masing dibandingkan dengan kriteria yang dibutuhkan oleh FPBI sendiri. Setelah proses perbandingan ditempuh, maka tentukanlah kelompok berguru yang akan menjadi kawan kerja dalam melakukan usaha.
D. Hasil dari tahapan acara identifikasi kelompok belajar, yaitu terdapatanya data-data kelompok berguru yang sanggup dijadikan kawan kerja, sebagai materi untuk menentukan dan menentukan kelompok berguru mana yang akan ditentukan sebagai kawan kerja.

adapun data-data tersebut akan memuat wacana :
  1. Daftar nama-nama kelompok belaja yang memiliki aspek yang dibutuhkan oleh FPBI untuk melakukan usaha.
  2. Daftar alamat kawan kerja
  3. Daftar aspek-aspek (komponen-komponen) yang dimiliki oleh kelompok belajar, yang akan menjadi kawan kerja FPBI dalam melakukan suatu acara usaha.
Sumber : Dirangkum dari buku Model Pemberdayaan Forum Pamong Belajar Indonesia (FPBI) tahun 2009.

0 Response to "Cara Identifikasi Kelompok Mencar Ilmu Pendidikan Non Formal (Pnf)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel