Sumber Daya Alam Indonesia Dan Pelestariannya

 pada pembahasan kali ini kita akan mencoba menelaah kembali wacana Sumber Daya Alam  SUMBER DAYA ALAM INDONESIA DAN PELESTARIANNYA
Warga berguru dan siswa--sekalian, pada pembahasan kali ini kita akan mencoba menelaah kembali wacana Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Indonesia, bagaiman pelestariaannya dan apa saja sumber daya alam yang ada di Indonesia yang sanggup dimanfaatkan untuk kesejahteraan penduduk Indonesia.

1. Pengertian Sumber Daya Alam
Sumber Daya Alam atau yang sering disingkat SDA yaitu semua yang ada di alam, yaitu hasil bentukan alam yang mempunyai kegunaan dan sanggup dimanfaatkan oleh insan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dalam mencapai kesejahteraan.

Untuk sanggup mempertahankan hidupnya insan harus memenuhi segala kebutuhannya. Kebutuhan itu sanggup berwujud benda atau materi, sanggup juga tidak berwujud benda. Benda kebutuhan insan banyak terdapat di sekeliling kita, contohnya tanah, air, udara, minyak bumi, kerikil bara, batu, pasir, kayu, hewan, dan serangga. Selain itu insan juga membutuhkan tenaga listrik, panas matahari, dan yang tidak berwujud benda tetapi berupa tenaga (energi).

Semua kebutuhan insan tersebut ada di alam, insan tinggal memanfaatkannya. Oleh lantaran itu disebut sumber daya alam.

Sumber daya alam yaitu semua yang ada di alam, yang berhasil bentukan alam yang mempunyai kegunaan dan sanggup dimanfaatkan oleh insan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dalam mencapai kesejahteraan.


2. Pembagian Sumber Daya Alam

a. Sumber daya alam yang sanggup diperbaharui.

Sumber daya alam yang sanggup diperbaharui yaitu sumber daya alam yang apabila sudah terpakai, sanggup terbentuk kembali yang disebabkan kekuatan proses alam.

Sumber daya alam yang sanggup diperbaharui sering juga disebut sumber daya alam yang sanggup pulih. Sumber daya alam ini sanggup pulih dengan sendirinya yaitu melalu siklus (Daur) atau sanggup juga pulih dengan campur tangan manusia. Sumber daya alam yang sanggup diperharui ada tiga jenis yaitu sumber daya alam nabati, yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Sumber daya alam binatang yang berasal dari binatang atau binatang, dan sumber daya yang mengalami siklus ibarat tanah, air dan udara.

1) Sumber daya alam nabati
Sumber daya alam yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan hidup insan yaitu sumber daya alam nabati. Tumbuh-tumbuhah sangat mempunyai kegunaan bagi kehidupan manusia, ibarat memanfaatkan buah, daun, kulit, batang, akar maupun bunganya. Bahkan sisa pupuk yang sudah lapuk dan hancur sanggup dimanfaatkan sebagai pupuk.

Tumbuh-tumbuhan sesudah diambil keuntungannya sanggup pulih kembali lantaran tumbuh dan berkembang biak. Pemulihan ini sanggup dilaksanakan oleh alam tanpa campur tangan manusia, atau sanggup juga dibudidayakan oleh manusia. Sebagai salah satu teladan Anda sanggup memperhatikan gambar kebun kelapa di atas. Pada gambar tersebut kita sanggup melihat hasil budidaya kelapa, yang merupakan salah satu bentuk campur tangan insan dalam pemulihan kembali sumber daya alam nabati.

2) Sumber daya alam hewani
Sumber daya hewani yaitu sumber daya yang berasal dari binatang yang dibutuhkan insan untuk memenuhi kebutuhan hidup.Sumber daya alam hewani sanggup berasal dari binatang darat, binatang air (jenis ikan) dan binatang yang sanggup terbang (jenis burung). Sumber daya alam sanggup pulih kembali lantaran berkembang biak.

3) Sumber daya alam yang mengalami siklus tanah dan air
Tanah dan air sanggup dimasukan ke dalam kelompok sumber daya alam yang sanggup diperbaharui. Tanah yang kekurangan unsur hara sanggup pulih kembali menjadi tanah subur lantaran proses dan kekuatan alam, atau oleh campur tangan insan dengan cara dipupuk.

Sumber daya air yang mencakup air tanah dan air permukaan apabila habis digunakan akan ada lagi. Air tanah apabila habis terpakai akan keluar lagi dalam bentuk mata air yang berasal dari air resapan dari permukaan tanah. Demikian juga ari di permukaan tanah ibarat air danau, waduk, dan sejenisnya apabila habis terpakai atau terjadi penguapan maka sanggup pulih kembali oleh air hujan. Hujan merupakan air yang berasal dari penguapan air permukaan dan air laut. Air permukaan selain terpakai dan mengupa juga mengalir ke bahari melalui sungai. Peristiwa alam tersebut disebut juga siklus hidrologi. Huntuk lebih jelasnya siklus hidrologi ini marilah perhatikan gambar Daur (siklus) Hidrologi berdasarkan Holtzman di bawah ini ;

        
Gambar Daur (siklus) Hidrologi berdasarkan Holtzman




b. Sumber daya alam yang tidak sanggup diperbaharui

Sumber daya alam yang tidak sanggup diperbaharui yaitu sumber daya alam yang apabila sudah digunakan akan habis atau musnah.

Sumber daya alam hasil tambang dan hasil penggalian merupakan sumber daya alam yang tidak sanggup diperbaharui atau disebut sumber daya habis dipakai. Barang-barang tambang di permukaan bumi ini dibuat oleh kekuatan alam dan proses alam selama berjuta-juta tahun. Setelah digunakan barang-barang itu akan habis dan tidak ada lagi penggantinya, lantaran proses pembentukan memakan waktu yang sangat lama. Karena itu sumber daya alam yang tidak sanggup diperbaharui harus digunakan dengan ekonomis dan hati-hati. Untuk memperoleh sumber daya alam yang tidak sanggup diperbaharui dibutuhkan biaya yang sangat besar, peralatan yang canggih, dan tenaga ahli. Salah satu teladan untuk memperoleh sumber daya alam yang tidak sanggup diperbaharui.

3) Berbagai Sumber Daya Alam yang Ada di Indonesia

Indonesia mempunyai kekayaan alam yang cukup beragam. Berbagai sumber daya alam yang ada di Indonesia yaitu sebagai berikut :

a. Sumber daya alam yang sanggup diperbaharui mencakup :
1) Sumber daya alam nabati, contohnya sanggup diperoleh melalu :
- Pertanian rakyat
- Perkembunan, dan
- Kehutanan

2) Sumber daya alam hewani, contohnya sanggup diperoleh dari :
- peternakan, dan
- alam perikanan.

b. Sumber daya alam yang tidak sanggup diperbaharui meliputi:

1) Sumber daya alam mineral, mencakup :
- timah
- alumunium
- tembaga
- emas dan perak
- mangan
- biji besi.

Selain itu sumber daya alam mineral lainnya termasuk dalam mineral industri (mineral nonmetalik) yaitu sebagai berikut :
- fosfat,
- belerang
- kerikil gamping
- kaolin
- fosfat dan mika
- intan
- pasir kuarsa.

Selain mineral nonmetalik juga terdapat sumber daya alam mineral organis (berasal dari jasad hidup) atau organisme antara lain :
- aspal
- batubara

2) Sumber daya alam energi, yaitu sumber daya alam yang meliputi:
- minyak bumi dan gas alam
- batubara.


0 Response to "Sumber Daya Alam Indonesia Dan Pelestariannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel