Pengertian Teknologi Multimedia

 Multi berarti banyak atau lebih dari satu PENGERTIAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA
Multimedia ialah adonan dari kata "multi" dan "media". Multi berarti banyak atau lebih dari satu, dan media berarti bentuk atau jenis sarana yang digunakan untuk memberikan informasi. Penggunaan televisi, video, dan film merupakan teladan penyampaian gosip yang melibatkan beberapa komponen sekaligus, namun yang membedakan aplikasi multimedia dengan yang lain ialah adanya interaksi antara aplikasi dengan insan yang menggunakannya.

Multimedia juga diartikan sebagai sistem komputer yang terdiri dari hardware dan software yang memperlihatkan fasilitas untuk menggabungkan aneka macam komponene ibarat gambar, video, grafik, animasi, suara, teks, dan data yang dikendalikan. dengan acara komputer. Lima tipe dasar objek media :
1. Gambar
Multimedia sanggup menyediakan objek yang berupa gambar dalam bentuk foto, grafik, peta dan gambar-gambar lain. Untuk memperoduksi gambar sanggup digunakan kamera digital, mencari gambar dari aneka macam sumber, dan download gambar yang ada di internet.

2. Tulisan
Tulisan sebagai penyerta untuk mengkomunikasikan gosip yang disampaikan, memperjelas media lainnya atau untuk tujuan ekspresi artistik.

3. Suara
Elemen bunyi-bunyian (musik, imbas suara) untuk memperjelas gosip yang diberikan. Bisa juga dengan memakai secara terpisah untuk memperjelas elemen media lainnya.

4. Gerakan
Animasi (tipe kartun, video, dan lain-lain) sanggup digunakan sebagai alternatif untuk memperjelas dan menimbulkan lebih menarik dalam memberikan informasi. Animasi sanggup juga menyajikan beberapa adonan gambar yang ditampilkan secara berurutan.

5. Interaktivitas
Seseorang sanggup mengoprasikan sendiri peralatan yang digunakan sesuai dengan kebutuhan, yang akan memperkuat ras percaya diri pengguna (user).

Pendapat lain menyatakan, konsep multimedia mencakup tiga level.
  1. Level teknis yang berkaitan dengan alat-alat teknik; alat-alat ini sanggup dianggap sebagai kendaraan yang mengangkut gejala (Signs).
  2. Level semiotik yang berkaitan dengan bentuk represential ini sanggup dianggap sebagai jenis tanda (Types of signs).
  3. Konsep multimedia tersebut tidak sanggup diabaikan, sebab pengabaian terhadap salah satu level tersebut akan membawa pada kesalahan.
Ketika multimedia dianggap sebagai terknologi gosip semata, berarti hanya berbicara satu level saja (yaitu level teknik). Padahal, dua level lainnya (level semiotic dan sensorik) juga sama pentingnya, dan kedua level ini membutuhkan keahlian bidang ilmu kognitif, psikologi, ilmu pendidikan, dan semiotik, waktu dan uang yang diinvestasikan pada multimedia akan sia-sia apabila multimedia hanya terbatas pada satu level saja, bukan ketiga-tiganya.

Komputer dan perangkat multimedia lain sebagai bentuk konkrit dari ICT, cepat atau lambat niscaya menjadi barang kebutuhan sehari-hari, termasuk dalam pembelajaran sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Banyak orang percaya bahwa multimedia akan membawa kita kepada situasi mencar ilmu dimana "learning with effort" (belajar dengan dipengaruhi/terpaksa) akan sanggup digantikan dengan "learning with fun" (belajar dengan menyenangkan). Jika situasi tersebut tidak terjadi, maka multimedia sekurang-kurangnya dibutuhkan akan sanggup membantu mencar ilmu menjadi lebih efektif.

Sumber: Disarikan dari aneka macam sumber!!

0 Response to "Pengertian Teknologi Multimedia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel