Pengertian Keuangan Negara

Warga mencar ilmu dan siswa--sekalian, menjawab pertanyaan yang pernah diajukan salah seorang warga mencar ilmu dikelas kemarin, yaitu apa pengertian keuangan negara itu? coba kita ingat kembali perihal BUMN, (PT.Pertamina, PT.KAI) dan sebagainya, seluruh kekayaan yang dimiliki lembaga-lembaga BUMN tersebut ialah milik negara. Demikian juga gedung-gedung kantor pemerintah, kendaraan dinas dan sebagainya itu juga milik nagara. Selain itu, pemerintah memiliki hak untuk menarik pajak dari masyarakat, guna mengisi kas negara. Disamping itu, pemerintah juga memiliki kiprah untuk melakukan pembangunan, membayar honor pegawai, belanja barang dan sebagainya.

Untuk menutupi kekurangan dalam aktivitas pembangunan, pemerintah mencari derma luar negeri, dalam bentuk hutang luar negeri. Oleh alasannya ialah itu negara memiliki kewajiban untuk membayar hutang. Semua hal tersebut merupakan bagian-bagian dari keuangan negara.

Berdasarkan uraian di atas: sanggup diberikan pengertian bahwa yang dimaksud dengan keuangan negara ialah segala kekayaan, hak dan kewajiban yang bersangkut paut dengan negara, yang dinayatakan dengan uang.

Dalam mengatur keuangan negara ini, setiap tahun pemerintah telah menciptakan dan mengatur Semua perihal Keuangan negara yang disebut Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN
.

0 Response to "Pengertian Keuangan Negara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel