Kegunaan Statistik Dalam Penelitian

Warga--Belajar--visiuniversal, Jika kita cermati secara mendalam intinya pengolahan dan analisis data dalam penelitian sosial tidak lepas dari penggunaan metode statistik tertentu. Statistik sangat berperan dalam penelitian, baik dalam penyusunan model, perumusan hipotesis, pengembangan alat dan instrumen pengumpulan data, penyusunan desain penelitian, penentuan sampel, dan dalam analisis data.

Kegunaan statistik dalam penelitian

Adapun kegunaan statistik dalam penelitian, khususnya penelitian sosial yang kita bahas, yaitu mencakup hal-hal sebagai berikut :
  1. Alat untuk mengetahui kausalitas (sebab akibat) antara dua atau lebih variabel, sehingga sanggup diketahui apakah suatu korelasi benar-benar terkait dalam kausalitas atau tidak.
  2. Memberikan teknik-teknik sederhana dalam mengklasifikasikan data dan menyajikan data secara lebih gampang sehingga sanggup dimengerti secara lebih gampang pula.
  3. Membantu peneliti dalam menyimpulkan suatu perbedaan yang diperoleh apakah benar-benar berbeda secara signifikan (berarti)
  4. Secara teknik sanggup dipakai untuk menguji hipotesis sehingga sanggup menolong peneliti dalam mengambil keputusan apakah mendapatkan atau menolak hipotesis.
  5. Meningkatkan kecermatan peneliti dalam mengambil keputusan terhadap kesimpulan-kesimpulan yang akan ditarik
  6. Memungkinkan penelitian untuk melaksanakan aktivitas ilmiah secara lebih ekonomis.

Meskipun kegunaan dan fungsi statistik sangat berperan dalam penelitian namun jangan dijadikan sebagai tujuan untuk memilih komponen-komponen penelitian yang lain, lantaran statistik hanya sebagai alat dan bukan sebagai tujuan dari analisis.

 
Pengolahan data secara statistik intinya suatu cara mengolah data kuantitatif sedemikian rupa, sehingga data penelitian tersebut memiliki arti. Pengolahan data melalui teknik statistik sanggup dilakukan dengan banyak sekali cara antara lain:
1. Distribusi frekuensi
2. Ukuran Pemusatan (tendensi sentral).

0 Response to "Kegunaan Statistik Dalam Penelitian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel