10 Cara Meningkatkan Kekebalan Badan Manusia

Sudah merupakan suatu hal yang masuk akal kalau perubahan demam isu dengan penurunan suhu udara menandai dimulainya wabah flu, sehingga banyak dari kita yang mencoba mencari cara jalan keluar untuk mengatasi virus flu yang menyebar. Ini bisa dilakukan dengan membantu sistem kekebalan badan kita yang merupakan jaringan biologis kompleks yang melindungi diri kita dari penyakit dengan cara menghancurkan patogen yang menyerang tubuh. Ada beberapa cara yang sanggup kita lakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh  biar terhindar dari penyakit ;

1. Olah raga teratur dalam jumlah sedang
"Dalam keadaan normal, badan kita hanya bergerak sedikit dan natural sehingga kita harus bergerak sedikit dan alami sehingga kita harus menambahnya dengan berolahraga," kata J.E William, OMD, FAAIM, praktisi kedokteran integratif di Sarasota, Florida,  dan penulis Viral Immunity (Hampton Roads Publishing). "Individu yang melaksanakan aktifitas fisik dalam jumlah sedang - paling tidak selama 30 menit sehari - mempunyai sistem kekebalan badan yang lebih kuat," kata Brian McFarlin, PhD dari laboratorium Terpadu Fisiologi di Universitas of Houston. Olahraga dalam dalam jumlah yang sedang yakni kuncinya; Mc Farlin menyampaikan bahwa olahraga yang berlebihan justru cenderung menekan mundur kekebalan badan kita. Selain itu, berhati-hatilah terhadap peralatan kebugaran di daerah gym sebab justru sanggup menyebabkan berkembangnya virus dalam tubuh. Berjalan dan bersepeda yakni pilihan olahraga yang baik, sama halnya dengan yoga yang sanggup dilakukan di rumah.


2. Tidur yang cukup
Kurang tidur dalam jangka waktu pendek bisa menciptakan anda rentan terhadap virus flu yang menghampiri anda. Jika kita melewatkan tidur satu malam saja - anggap saja sekitar lima jam - maka sel - sel alami anda yang berperan melawan bisul virus menjadi turun 30%. "Sebuah penelitian dilakukan untuk mempelajari contoh tidur 153 laki-laki dan perempuan sehat yang telah terkena virus flu. Hasilnya menerangkan bahwa mereka yang tidur untuk jangka waktu yang lebih singkat ternyata lebih rentan terhadap serangan penyakit. Jika kita lebih banyak berolah raga, maka tidur akan lebih baik.

3. Pastikan anda tidak kekurangan cairan
Bagi mereka yang sedang sakit rasanya sulit untuk menghindari nasehat yang satu ini, "Banyak istirahat dan banyak minum." Karena memang kalau kita mengalami dehidrasi, badan tidak akan berfungsi dengan baik. Air putih sanggup membantu badan biar tidak kehilangan cairan tubuh sebab ketika flu banyak cairan yang dikeluarkan oleh tubuh. Air juga sanggup mendorong dan membuang racun-racun yang ada dalam tubuh.  

4. Asupan Vitamin D yang memadai
Tuhan sudah menganugrahkan kepada kita salah satu vitamin yang bisa dibuat oleh badan kita sendiri yaitu vitamin D. Selain bisa didapat dari asupan masakan sehari-hari kita, vitamin D juga bisa didapat lewat perhiasan (dianjurkan minimal 400 IU - 1000 IU) sehari). Rajin berjemur selama 15 - 30 menit setiap hari pada pagi hari antara jam 6 - jam 9 pagi atau sore hari pada jam 3 - jam 6 untuk mendapat hasil yang optimal dan maksimal bagi badan dan khususnya tulang kita.
 

5. Cukupkan Probiotik anda
Sistem pencernaan kita menampung sekitar 70% dari sel-sel kekebalan tubuh. jadi yakni masuk akal kalau dikatakan bahwa "jika usus tidak sehat" benar adanya. Salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan pencernaan adlaah melalui probiotik, yaitu mikroba menguntungkan yang biasanya ditemukan di akses gastroinstestinal sehat. Makan yogurt sebagai pilihan masakan pokok anda, terutama yogurt yang mengandung kultur hidup dengan kadar gula yang relatif rendah.

6. Konsumsi bawang putih
Cara peningkatan sistem kekebalan yang lain yakni bawang putih. "Bawang putih sangat bermanfaat sebab mempunyai afek toksis eksklusif terhadap mikroba yang merugikan. Selain dilengkapi dengan banyak sekali macam vitamin dan nutrisi, bawang putih juga mengandung senyawa sistem dan allicin yang bermanfaat. Meskipun bawang putih mentah paling berkhasiat, bawang putih yang dipanggang sehingga sedikit mengurangi ketajaman rasanya sekaligus melembutkan teksturnya ternyata masih cukup berkhasiat. Bawang putih juga sanggup dikonsumsi dalam bentuk suplemen.


7. Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan
Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan sangat penting untuk tubuh. Disamping untuk memenuhi kebutuhan badan akan serat (idealnya 20-30gr/hari) yang akan membantu menyehatkan pencernaan kita, kebutuhan akan cairan pun akan sedikit teratasi karea adanya kandungan air dalam jumlah yang cukup banyak pada buah-buahan dan sayuran tersebut. Kandungan vitamin dan mineral yang lengkak pad buah dan sayuran membantu meningkatkan daya tahan badan dalam menghadapi da menangkal masuknya penyakit ke dalam tubuh. Khususnya buah dan sayuran yang berwarna gelap menyerupai bayam merah, tomat, wartel, blueberry, brololi, dll yang punya kandungan anti oksidan tinggi.

8. Terapkan pengobatan herbal
Banyak jenis-jenis herbal yang beredar dipasaran yang mengandung zat untuk membantu peningkatan kekebalan tubuh, yang juga merupakan anti infeksi.

9. Cuci tangan sesering mungkin
Hal ini mungkin terdengar sepele, tapi ada beberapa orang yang masih belum sanggup menjaga kebersihan mereka dengan baik. pada survei yang dilakukan pada tahun 2009 di Amerika, 55% responden menyatakan bahwa mereka hanya sesekali membilas tangan mereka sehabis memakai toilet umum dan dalam hal ini tanpa memakai sabun. Kenyataannya tangan merupakan kepingan yang sangat gampang untuk mengumpulkan mikroba sepanjang hari, jadi selalu basuh tangan dengan sabun sehabis mengolah masakan (terutama daging mentah), menyentuh hewan, membersihkan hidung atau mengganti popok. Dan pastikan bahwa anak anda juga mencuci tangan sebab mereka sanggup dengan gampang terkena bakteri di daerah penitipan anak atau sekolahnya.

10. Manfaatkan tumbuhan berkhasiat
Puluhan sel dan materi kimia yang berguna membentuk sistem kekebalan tubuh, masing-masing dengan tugas khusus guna memerangi infeksi. Untungnya alam telah memasok dan menyediakan sejumlah alat bantu kekebalan badan dalam bentuk tumbuhan berkhasiat. Ada banyak ragam dan jenis tumbuhan berkhasit ini yang sanggup ditemukan di alam kita, mulai dari yang kita jumpai sehari-hari disekitar lingkungan sampai di tempat-tempat yang belum terjamah menyerupai di hutan tropis dengan flora langkanya. Salah satu Tanaman ini yakni yang termasuk arabinogalactan (ARA), yaitu serat dari Western larch yang meningkatkan acara sel kekebalan daun zaitun, yang mengandung zat disebut oleuropein, yang mempunyai kemampuan untuk mengatasi banyak sekali macam mikroba penyebab demam, termasuk virus flu serta andrographis, obat herbal india Ayurvedic yang sanggup meningkatkan produksi sel darah putih maupun interferon.

Sumber: http://malambegadang.blogspot.com/

0 Response to "10 Cara Meningkatkan Kekebalan Badan Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel