Pengertian Dan Definisi Globalisasi

Berdasarkan pengertiannya Globalisasi yakni proses integrasi internasional yang terjadi k PENGERTIAN DAN DEFINISI GLOBALISASI
Berdasarkan pengertiannya Globalisasi yakni proses integrasi internasional yang terjadi alasannya yakni pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya(Wikipedia.org).

Globalisasi yakni istilah yang mempunyai kekerabatan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antarbangsa dan antarmanusia diseluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi tipis dan transparan sekali. Dalam banyak hal, globalisasi mempunyai karakteristik yang sama dengan internasionalisasi sehingga kedua istilah ini sering dipertukarkan.

Menurut definisinya ;

Globalisasi memang belum mempunyai definisi yang mapan. Hanya sekedar defini kerja (Working definition). Tergantung dari sisi mana seseorang melihatnya. Ada yang memandang sebagai suatu proses sosial dan proses sejarah atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain. Mewujudkan satu tatanan kehidupan gres atau kesatuan koeksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografi,ekonomi, dan budaya masyarakat.

Merumuskan dan memahami pengertian globalisasi tidak mudah. Untuk menerima pengetahuan dasar dan pengertian umum mengenai globalisasi sanggup ditelaan melalui dua cara yaitu :

1. Ditelaah secara etimologis atau asal permintaan kata.

Kata globalisasi berasal dari kata "globe" ditambah akhiran sasi. "Globe" artinya bola dunia. Sedangkan akhiran sasi bermakna suatu "proses". Maka pengertian globalisasi secara etomologis yakni "proses yang mendunia". Di Prancis istilah globalisasi dikenal dengan sebutan "mondialisasion". Di Spanyol dan Amerika Latin dikenal dengan sitilah "globalisasi". Sementara orang Jerman menyebutnya "globaliserung".

2. Ditelaah dari proses globalisasi itu sendiri

Apa yang dimaksud dengan proses globalisasi yakni bagaimana jalannya globalisasi itu sendiri dalam kehidupan. Sedangkan yang dimaksud dengan globalisasi sendiri yakni suatu keadaan mengenai segala sesuatu yang bersangkut paut mengenai dan mencakup seluruh dunia.

Dari uraian dan pengertian di atas sanggup diambil suatu kesimpulan bahwa globalisasi itu menerangkan adanya suatu proses dibentuknya suatu tatanan, aturan, atau sistem tertentu dan tatanan, hukum atau sistem itu diperuntukan dan berlaku bagi negara-negara dan bangsa-bangsa di seluruh dunia. Oleh alasannya yakni itu, tidak dikenal adanya batas-batas wilayah, aturan-aturan lokal atau regional, maupun kebijakan dari suatu negara atau pemerintah yang sanggup mengurangi ruang gerak masuknya nilai-nilai, ide, pikiran atau gagasan yang dianggap sudah merupakan kemauan masyarakat dunia. Hal ini sanggup berlaku di semua bidang kehidupan ibarat bidang politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain-lain.

Demikianlah perihal pengertian dan definisi dari globalisasi, supaya bermanfaat. Terimakasih.

Sumber: dirangkum dari aneka macam sumber !!

0 Response to "Pengertian Dan Definisi Globalisasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel