Penelitian Pendidikan
Visiuniversal---Banyak hal yang terkait dengan duduk kasus pendidikan, salah satunya yaitu duduk kasus penelitian dalam bidang pendidikan. Pendidikan sanggup dilihat sebagai objek kajian interdisiplin yang berdasarkan MC.Milan dan Schumcher (1984) banyak meminjam konsep dan teori bidang ilmu lain menyerupai psikologi, sosiologi, antropologi, politik, dan ekonomi. Metode yang dipakai dalam penelitian pendidikan juga mengacu pada metodologi yang lazim dipakai di banyak sekali bidang ilmu tersebut, yakni pendekatan behavioral science. Berbagai konsep menyerupai intelegensi, peran, status, norma, konsep diri, keefektifan biaya juga dikaji dalam penelitian pendidikan dengan memakai pendekatan tersebut.
A. Pengertian Penelitian Pendidikan
Apakah yang dimaksud dengan penelitian pendidikan? Penelitian pendidikan yaitu upaya ilmiah untuk memahami bermacam-macam duduk kasus pendidikan dan fenomena yang ada di dunia pendidikan. Fenomena merujuk pada duduk kasus yang muncul dalam sistem pendidikan formal, nonformal, maupun informal. Masalah ini sanggup muncul dalam banyak sekali bentuk. Hampir setiap aspek dari ketiga sistem pendidikan tersebut memiliki peluang untuk muncul menjadi duduk kasus yang layak teliti. Beberapa pola yang mencerminkan hal tersebut yaitu penelitian ihwal tingkat putus sekolah, kecepatan belajar, motivasi belajar, dan sebagainya.
B. Ruang lingkup Penelitian Pendidikan
Ruang lingkup penelitian pendidikan luas sekali alasannya yaitu pendidikan sendiri merupakan bidang kajian yang terkait erat dengan beberapa disiplin ilmu lain menyerupai psikologi, sosiologi, antropologi, politik, dan ekonomi. Banyak sekali konsep atau teori pendidikan yang dikembangkan dengan mendapat insipirasi atau berlandaskan banyak sekali bidang ilmu tersebut. Contoh dalam hal ini yaitu pengkajian konsep intelegensia, pengembangan sumber daya manusia, difusi, otoritas, efektivitas biaya, konsep diri dan budaya dalam praktik pendidikan dilapangan.
Penelitian pendidikan semula berorientasi pada pendekatan behavioristik. Hal ini tampak terperinci dari dampak disiplin ilmu psikologi yang dipakai untuk uji pengukuran banyak sekali aspek belajar-mengajar. Meskipun demikian, akhir-akhir ini tampak ada kecendrungan bahwa penelitian pendidikan menoleh pada pendekatan lain yang dipakai dalam ilmu sosial. Pendekatan menyerupai observasi-partisipatif dalam antropolig dalam antropologi serta analisis ekonomi pendidikan merupakan beberapa pola yang menandakan adanya kecenderungan tersebut.
Penggunaan banyak sekali konsep dan pendekatan dari banyak sekali disiplin ilmu memperkaya khasanan penelitian pendidikan. Hal tersebut membuka kemungkinan satu aspek pendidikan dikaji dari banyak sekali pendekatan yang berbeda sehingga peluang untuk mendapat citra yang lebih utuh semakin terbuka lebar. Salah satu conto mengenai hal ini yaitu kajian dalam pendidikan matematika. Kajian dalam bidang tersebut sanggup dilakukan dengan pendekatan survei kebutuhan atau kelayakan kurikulum yang akan digunakan, pendekatan observasi pribadi terhadap interaksi guru dan siswa di kelas,atau pendekatan eksperimental mengenai imbas banyak sekali jenis materi asuh dan terhadap prestasi siswa.
Demikian ringkasan ihwal pengertian dan ruang lingkup penelitian pendidikan. Semoga bermanfaat. Terimakasih.
0 Response to "Penelitian Pendidikan"
Post a Comment