Sukses Dengan Peribadi Hebat



Untuk bisa tampil menonjol di tengah orang "banyak", Anda perlu mempunyai kemampuan dan kemahiran yang khusus. Akan tetapi, dalam proses ini, ada sebuah perangkap tersembunyi yang harus Anda hindari, yaitu kecenderungan untuk membanding-bandingkan hasil tidak puas yang Anda raih dengan keberhasilan orang lain. Sikap membanding-bandingkan menyerupai ini hanya akan memunculkan rasa iri dan frustrasi.

Ingatlah, bahwa orang-orang yang ketika ini lebih berhasil daripada Anda sudah mempunyai pengalaman yang jauh lebih panjang daripada pengalaman Anda. Dan ingat pula, Anda bisa jauh lebih baik dari mereka kalau Anda telah mempunyai pengalaman yang sama. Meskipun demikian, membandingkan hasil tidak memuaskan yang Anda raih dengan keberhasilan orang lain tetap saja bukan hal yang menyenangkan.
Suatu kali, Rabindranath Tagore pernah ditanya, apakah menurutnya Shakespeare ialah dramawan yang lebih baik dari Kalidas. Ia menjawab,” Kenyataannya, tidak ada dua orang yang sama. Saya ialah saya dan Anda ialah Anda. Karena itu, cara kita bekerja dan hasilnya akan selalu berbeda.” Ketimbang membandingkan diri Anda dengan orang lain, hal yang jauh lebih penting untuk Anda lakukan ialah menjaga dan merawat kepribadian unik Anda. Orang yang ingin mengubah dunia, dan menikmati kejayaan, akan selalu berusaha membangun kepribadian khas mereka. Kemajuan peradaban modern kita ialah saksi kasatmata dari pernyataan tersebut.
 
Inilah cara bagi Anda untuk membangun kepribadian Anda: jadilah pesaing bagi diri Anda sendiri. Perhatikan, apakah prestasi Anda hari ini lebih baik daripada hari kemarin. Jika Anda terus-menerus memperbaiki diri dari hari ke hari, sehabis beberapa lama, Anda akan menyadari bahwa kemampuan yang Anda miliki ketika ini sangat mungkin telah melampaui harapan dari Anda sendiri. Anda tentu tahu bahwa untuk memenuhi sebuah teko, tidak ada setetes air pun yang tidak bernilai.

Tidak diragukan lagi bahwa mempunyai kemampuan profesional sangatlah penting. Akan tetapi, sift yang keranjingan dalam mengejar kemampuan professional juga mempunyai ancaman yang tersembunyi. Karya-karya masterpiece van Gogh memang dikenal dan ditiru di seluruh dunia. Kendati demikian, sebagaimana yang kita ketahui bersama, ia tetapkan untuk bunuh diri pada usia 37 tahun. Frederic Chopin dan Edgar Allan Poe ialah orang-orang jenius dengan kemampuan yang luar biasa, sebelum kesannya mereka meninggal dalam keadaan yang menyedihkan. Mengapa? Karena mereka mengabaikan sifat penting lain dalam kepribadian mereka. Karena itu, berhati-hatilah, jangan hingga Anda juga mengalami split personality menyerupai mereka.

Tidak bisa dibantah bahwa kemampuan professional memainkan tugas penting dalam meraih kesuksesan. Akan tetapi, kemampuan ini tetap saja tidak akan bisa membawa kesuksesan tanpa disertai rasa percaya diri.

Kusni (nama rekaan) tidak menyadari pentingnya kemampuan dan rasa percaya diri tersebut. Ia selalu menyalahkan keadaan dan takdir atas kegagalan yang ia alami. Untuk mendukung pernyataannya, ia mencontohkan masalah Ramona (nama rekaan). Temannya itu diangkat sebagai manager di perusahaan pemerintah sebab ia menerima rekomendasi dari seorang menteri. Memang benar bahwa ada beberapa orang yang bisa menerima posisi menguntungkan dari tindakan nepotisme. Akan tetapi, tindakan di luar aturan menyerupai ini sama sekali tidak bisa dijadikan sebagai sebuah teladan kesuksesan. Sebaliknya, hal demikian bukanlah hal yang pantas untuk dibangga-banggakan.

Kerja Keras
Banyak orang beranggapan bahwa cara meraih suskses ialah dengan bekerja keras. Bekerja keras memang merupakan salah satu cara untuk meraih kesuksesan yang bias membuat Anda merasa bangga. Mereka yang meraih sukses melalui cara yang tidak layak, dan tanpa kerja keras, ialah orang lemah yang berjalan memakai tongkat penopang badan dan tidak akan bisa untuk berdiri. Anda tentu tahu bahwa ada beberapa orang dengan cacat fisik yang tetap mempunyai harga diri, sehingga mereka berusaha melatih kemampuan yang mereka miliki supaya bisa bertahan hidup secara hormat.

Kusni bukanlah seorang dengan catat fisik. Ia hanyalah salah seorang yang menghindari kesuksesan sebab merasa segan untuk berusaha dengan sungguh-sungguh. Padahal, hanya orang-orang yang mau berusaha keras meraih kesuksesanlah yang berhak mengecap kesuksesan tersebut.

Ramos (nama rekaan) tidak menyerupai Kusni. Ia cukup berhasil dalam kehidupan profesionalnya. Akan tetapi, ia merasa kesepian dalam kehidupan sosialnya. Kenapa? Karena ia bukan orang yang ramah. Ia selalu memamerkan keberhasilan yang ia rah dan berbicara pada orang lain dengan perilaku yang meremehkan. Bisa dimengerti kalau kemudian ketenarannya lambat maritim memudar. Kenyataan yang tidak menyenangkan ini membuat Sukarta merasa sakit ketika ia mengingat salah satu temannya, Munawar (nama rekaan).

Munawar ialah seorang yang sukses dalam pekerjaan, menyerupai halnya Ramos. Namun ia tidak pernah memamerkan keberhasilannya kepada orang lain. Sebaliknya, ia selalu mau belajar, bahkan dari bawahannya. Ia tahu bahwa di dunia ini ia tidak hidup sendiri. Ia banyak menerima pelajaran dari orang lain dengan bersikap ramah, ia tahu bahwa tidak ada hal yang lebih berharga daripada keramahan. Orang-orang menyerupai Munawar akan membuat orang lain merasa lebih tenang, lebih bahagia, dan merasa lebih berarti. Orang-orang menyerupai itu siap menolong orang lain. Mereka benar-benar sanggup mendapatkan amanah ketika dibutuhkan. Karena keberadaan mereka akan membuat Anda tenang, Anda tentu saja bisa mendiskusikan semua problem sulit Anda dengan mereka.

Dalam berteman dengan orang baik, Anda bisa bersikap membuka diri menyerupai bunga yang sedang mendapatkan cahaya matahari. Sebaliknya, berteman dengan orang menyerupai Ramos, Anda akan merasa tidak tenang, selalu takut, dan gelisah. Anda tidak akan bersedia mendiskusikan problem Anda dengan orang menyerupai itu. Anda bisa sangat menutup diri dari orang semacam itu, sama menyerupai ketika Anda menyelimuti badan Anda dengan rapat ketika cuaca dingin.

Hal lain yang menyampaikan kepribadian yang baik ialah sopan dalam berpakaian, bertindak, dan berbicara. Untuk memberi kesan yang baik pada orang lain, Anda harus bisa tampil dan berpakian sopan. Karena, tidak ada orang yang suka pada badut, kecuali untuk bersenang-senang sesekali. Pakaian yang rapi dan sederhana, secara umum, akan menjadi tanda bagi orang yang berkepribadian baik.

Prinsip ini juga berlaku dalam gaya bicara. Beberapa orang sengaja berbicara kotor dan agresif untuk membuat mereka menjadi sentra perhatian orang lain. Padahal, sebetulnya ini merupakan tindakan yang salah. Berbicara kotor dan agresif tidak akan memberi kebahagiaan. Tindakan itu justru akan menjadikan kesengsaraan. Anda harus bisa menumbuhkan kebiasaan berbicara dengan baik, jujur, dan sopan. Dengan demikian, di mana pun dan kapan pun, semua orang akan meluangkan waktu untuk mendengarkan pembicaraan Anda. Cara menumbuhkan kepribadian baik ini masih belum lengkap. Pakaian, tindakan, dan ucapan hanya memberi kesan pertama yang baik. Kesan pertama bukan berarti sekaligus merupakan kesan terakhir menyerupai yang dianggap oleh banyak orang. Kesan pertama ini hanyalah permulaan. Pepatah mengatakan,”Kesan pertama yang baik memang akan mendatangkan teman, namun tingkah lakulah yang akan mempertahankan beredaan mereka.” Dan, tingkah laris yang baik membutuhkan sebuah ketulusan.
 
Jika Anda hanya memberi kesan pertama yang baik dan tak kunjung menyampaikan ketulusan kepada orang lain, mereka tentu akan segera kecewa pada Anda. Karena itulah kesan pertama tidak berarti segalanya. Sebaliknya, yang sejati ialah orang yang ada di balik pakaian, dan orang yang ada di balik senyuman.
Untuk bisa meraih kesuksesan, seseorang harus tahu apa yang membuat orang lain bekerja dan bagaimana membuat mereka bekerja sesuai dengan cara yang ia inginkan. Sebuah kepribadian yang baik akan mengatasi semua hal ini. Anda juga harus tahu bahwa kepribadian bukan hanya semata-mata takdir. Kepribadian, sebagian besar, bergantung pada bagaimana perjuangan Anda dalam menciptakannya. 
(Sumber: O.P Sharma; The Power Your Emotion)

0 Response to "Sukses Dengan Peribadi Hebat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel