Eligibilitas Pendidikan Kesetaraan Paket A,B Dan C

Eligibilitas Pendidikan Kesetaraan Paket A ELIGIBILITAS PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET A,B DAN C
Banyak masyarakat yang masih belum memahami bahwa pendidikan kesetaraan mempunyai status yang sederajat dengan sekolah formal pada umumnya. Sehingga ada sebagian dari mereka yang mewaspadai keabsahan lulusan pendidikan kesetaraan ini, apakah sanggup diterima atau tidak dijenjang pendidikan yang lebih tinggi (universitas) dan lapangan dunia kerja. 


Lulusan dan pendidikan kesetaraan baik Paket A, Paket B, ataupun Paket C, mempunyai hak dan kedudukan yang sama dalam kesempatan menyerupai di atas. Hal ini sesuai dengan apa yang terdapat dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyebutkan bahwa pendidikan terdiri dari Pendidikan Formal, Nonformal dan Informal.

Berdasarkan klarifikasi Pasal 17 dan Pasal 18 Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan bahwa pendidikan yang sederajat dengan SD/MI ialah kegiatan menyerupai Paket A dan yang sederajat dengan SMP/MTs ialah kegiatan menyerupai Paket B, sedangkan pendidikan yang sederajat dengan SMA/MA ialah kegiatan menyerupai Paket C.

Setiap perserta bimbing yang lulus ujian kegiatan Paket A, Paket B atau Pekat C mempunyai hak eligibilitas yang sama dan setara dengan pemegang ijazash SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA untuk sanggup mendaftar pada satuan pendidikan yang lebih tinggi. Status kelulusan Paket C mempunyai hak eligibilitas yang sama dengan lulusan pendidikan formal dalam memasuki lapangan pekerjaan.

Demikian ulasan mengenai eligibilitas pendidikan kesetaraan Paket A, B, dan C yang sama dengan lulusan pendidikan formal, semoga ini sanggup dipahami oleh semua komponen masyarakat, biar tidak terjadi lagi diskriminasi dalam dunia pendidikan kita. Semoga bermanfaat. terimakasih, .

Sumber/referensi : 
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2007 Tetang Standar Isi utuk Program Paket A, Program Paket B, dan Paket C.

0 Response to "Eligibilitas Pendidikan Kesetaraan Paket A,B Dan C"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel