Pengertian Dan Istilah Operasional Pnf Dan Skb

Berikut ini beberapa istilah yang sering digunakan dalam aktivitas operasional Pendidikan Nonformal (PNF) dan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), yang digunakan sebagai bab yang tidak terpisahkan dari aktivitas pendidikan masyarakat secara Nonformal dan Informal.

Pamong Belajar yaitu jabatan fungsional yang tugasnya melaksanakan kegatan mencar ilmu mengajar evaluasi dan melaksanakan aktivitas pengembangan model menurut keahlian yang dimiliki.
"Pamong mencar ilmu yaitu pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggung jawab, kewenangan dan hak secra penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melaksanakan aktivitas mencar ilmu dalam rangka pengembangan model dan pembuatan percontohan serta evaluasi dalam rangka pengendalian mutu dan imbas pelaksanaan jadwal PTKPAUDNI". 

Angka Kredit yaitu jumlah angka hasil evaluasi untuk memilih jenjang jabatan dan kenaikan pangkat Pamong Belajar.

Identifikasi adalah aktivitas mencari, menemukan, mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan data wacana kelompok sasaran, kebutuhan belajar, dan sumber daya (potensi) yang mendukung jadwal kegiatan.

Instrumen adalah alat-alat yang digunakan untuk memperoleh, mengolah, mengumpulkan data, dan menilai suatu jadwal yang dilaksanakan.

Indikator yaitu kondisi atau keterangan yang sanggup digunakan untuk mengukur suatu keberhasilan.

Tolak Ukur yaitu suatu ukuran yang digunakan sebagai alat untuk memperbandingkan pelaksanaan aktivitas dengan keberhasilan

Variabel yaitu ubahan atau karakteristik tertentu yang akan digali dari  tiap aspek yang akan dinilai.

Wilayah Binaan Khusus yaitu wilayah domisili SKB dan atau wilayah kecamatan terdekat dengan SKB

Pertelaan Kerja (PK) yaitu kartu isu yang digunakan untuk menyusun data sasaran, rencana kerja dan katalog

Katalog Informasi Pendidikan yaitu kartu isu pendidikan yang berisi data aspek-aspek pendidikan Luar sekolah PNF. 

PKBM yaitu akronim dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat
"Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)  adalah suatu forum yang dibuat oleh masyarakat yang menampung aspirasi masyarakat tersebut yang memiliki hukum tertulis maupun tidak tertulis tumbuh dalam masyarakat serta bertujuan untuk mencapai tujuan bersama. PKBM sebagai  tempat  bagi  warga mencar ilmu atau masyarakat untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan  dengan memanfaatkan sarana prasarana dan  segala potensi   yang  ada di  sekitar   lingkungan  kehidupan masyarakat dalam rangka untuk meningkatkan taraf hidupnya."

Pemberdayaan Masyarakat adalah perolehan kekuatan dan susukan terhadap sumber daya yang ada di masyarakat dan lingkungannya untuk mencari nafkah.


0 Response to "Pengertian Dan Istilah Operasional Pnf Dan Skb"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel