Pengertian Gaya Dalam Ipa Ilmu Pengetahuan Alam

 berikut ini kita akan memahami perihal  PENGERTIAN GAYA DALAM IPA ILMU PENGETAHUAN ALAMWarga mencar ilmu dan siswa--sekalian, berikut ini kita akan memahami perihal gaya yang telah kita pelajari dalam mata pelajaran IPA kemarin. Apakah Gaya itu ? Coba kembali kita perhatikan tumpuan yang terjadi dari gaya, contohnya mengapa balon naik ke udara?, atau mengapa kerikil yang dilempar jatuh ke tanah. dan sebagainya.

Jadi pengertian Gaya ialah dorongan atau tarikan yang diberikan pada suatu benda. Untuk melaksanakan suatu gaya, dibutuhkan tenaga. Gaya dan tenaga memiliki arti yang tidaksama, namun keduanya saling berhubungan. Gaya tidak sanggup dilihat, tetapi pengaruhnya sanggup dirasakan. Tarikan dan dorongan yang dilakukan memerlukan tenaga. Gaya ada yang berpengaruh dan ada pula yang lemah. Makin besar gaya dilakukan, makin besar pula tenaga yang diperlukan. Besar gaya sanggup diukur dengan alat yang disebut dinamometer. Satuan gaya dinyatakan dalam Newton (N). Gaya sanggup memengaruhi gerak dan bentuk benda. Gerak ialah perpindahan posisi atau kedudukan suatu benda. Bentuk benda ialah citra wujud suatu benda.


Sifat-sifat Gaya
  1. Besar kecilnya ditentukan oleh besar kecilnya tarikan atau dorongan
  2. Gaya sanggup mengubah bentuk suatu benda
  3. Gaya sanggup mengubah arah gerak arah atau gerak suatu benda
 
Macam-macam Gaya
  1. Gaya Listrik
  2. Gaya magnet
  3. Gaya pegas
  4. Gaya gesek
  5. Gaya otot
  6. Gaya mesin
  7. Gaya gravitasi (Gaya tarik bumi).
 
Pengaruh Gaya terhadap Benda

1. Pengaruh gaya terhadap benda yang diam
Benda yang membisu sanggup bergerak jikalau diberi gaya. Contoh kelereng yang tadinya membisu akan bergerak sesudah dientil, lemari yang tadinya membisu akan bergerak sesudah diberi gaya dengan dorongan. Dalam hal ini gaya sanggup mempengaruhi gerak benda.

2. Pengaruh gaya terhadap benda yang bergerak
Benda yang bergerak, jikalau diberi gaya sanggup menimbulkan benda tersebut bermetamorfosis diam, berubah arah, atau juga sanggup bergerak lebih cepat. Contoh, bola yang bergerak akan membisu apabila ditahan dengan kaki, bola yang yang dilempar ke arah tembok akan berubah arah sesudah menumbuk tembok.

3. Pengaruh gaya terhadap bentuk benda
Suatu benda dikala dikenai gaya yang cukup dapatmengakibatkan benda tersebut berubah bentuk. Semakinbesar gaya yang dikenakan semakin besar pulaperubahan bentuk pada benda tersebut. Contoh, kalengminuman yang kosong dikala diinjak dengan keras akanpenyok, kerikil besar jikalau dipukul dengan palu akanpecah menjadi batu-batu yang berukuran lebih kecil.
 
Lain-lain
  1. Satuan ukuran gaya ialah newton
  2. Alat untuk pengukur gaya disebut Dinamometer
  3. Gaya ialah Suatu bentuk kerja mendorong dan menarik suatu benda 
Demikianlah perihal pengertian dan jenis-jenis gaya dalam Ilmu Pengetahuan Alam. selamat mencar ilmu Semoga bermanfaat. Terimakasih.
 
Sumber: Buku Modul Kesetaraan Program Paket B Setara Sekolah Menengah Pertama Dirjen PLSP. 

0 Response to "Pengertian Gaya Dalam Ipa Ilmu Pengetahuan Alam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel