Penemuan Pelanet Gres Seolah-Olah Bumi - Beroksigen

Para warga mencar ilmu dan siswa--sekalian, Para hebat dan antariksawan telah menemukan tujuh planet yang mempunyai posisi terdekat dengan Sistem Tata Surya. Tiga di antaranya diklaim dan diyakini bisa untuk mendukung kehidupan yang lengkap menyerupai di Bumi.

Dari ketiga planet tersebut, ada planet yang paling bisa mendukung kehidupan. Diberi nama Gliese 667C, mengorbit di erat rasi bintang Scorpius, jaraknya kurang lebih sekitar 20 tahun cahaya dari Bumi.

Daily Mail melansir, 30 Juni 2013, para astronom percaya bahwa planet tersebut ialah zona habitat yang layak bagi manusia. Itu terlihat dari orbitnya yang tidak mengecewakan jauh dari sentra Tata Surya atau matahari, sehingga diperkirakan mempunyai suhu sejuk, bahkan sangat dingin, dan diduga mempunyai kandungan air. Posisi Gliese 667C sangat erat dengan dua planet lainnya, sehingga saat malam hari, dua planet lainnya diduga akan tampak menyerupai bulan purnama.

Sebelumnya, berdasarkan Guillem Anglada Escuda, dari University of Gottingen, Jerman, para ilmuwan tidak menerima sinyal keberadaan planet Gliese 667C dalam data-data pemantauan.

"Setelah menyelidiki kembali data-data tersebut dan melaksanakan pemantauan baru, jadinya positif, kami mendeteksi gejala keberadaan wacana planet itu," kata Escuda.

Escuda menambahkan, planet Gliese 667C mempunyai ukuran lebih kecil dari Bumi. Sedangkan, posisi Gliese 667C yang jauh dari sentra tata surya menjadikan cahaya di planet itu menjadi redup dan bercuaca dingin.

"Bumi mengelilingi matahari dengan jarak yang erat sehingga menciptakan cuacanya panas. Tapi, Gliese 667C tidak mengorbit erat dengan matahari, cuacanya akan lebih sejuk," tambahnya.

Perburuan planet

Sementara itu, Rory Barnes, ilmuwan dari University of Washington, AS, menyampaikan dari tujuh planet yang ditemukan, insan harus segera menemukan planet lain mana yang benar-benar layak huni."Meskipun ukuran planet Gliese 667C terlalu kecil saat dilihat dari teleskop, tapi planet itu mempunyai gravitasi terhadap planet-planet lainnya," kata Barnes.

Barnes menuturkan, dengan ditemukannya gravitasi itu, maka para astronom sanggup menghitung jarak orbit dan massa dari planet Gliese 667C. Temuan terbaru ini sudah diterbitkan oleh European Southern Observatory di Jurnal Astronomy & Astrophysics. 

Nah kira-kira bagaimana para warga mencar ilmu dan siswa sekalian, sanggup menyebutkan planet apa saja yang bisa kalian temukan di antariksa. Belajar yang rajin ya..siapa tahu ada yang bisa jadi astronot nantinya.

Sumber : http://malambergadang.blogspot.com

0 Response to "Penemuan Pelanet Gres Seolah-Olah Bumi - Beroksigen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel