Pengertian Dan Ciri-Ciri Masyarakat Modern

Masyarakat modern yakni masyarakat yang telah yang telah mengalami transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi, yaitu mereka yang telah bisa menyesuaikan dengan situasi dan kondisi zamannya atau hidup dengan konstelasinya zaman. Karena kondisi dan situasi setiap masyarakat berbeda, maka modernisasi (proses menuju masyarakat modern) antara masyarakat satu dengan yang lain berbeda, contohnya modernisasi bangsa-bangsa bekas jajahan (baru merdeka) yang rakyatnya masih miskin, bodoh dan kurang arif akan lebih banyak menekankan pada penguasaan teknologi dan ilmu pengetahuan. Sedangkan pada bangsa yang sudah maju dalam bidang iptek dan perekonomiannya, mungkin menekankan pada bidang non-material ibarat problem tabiat atau religi.

Secara garis besar ciri-ciri masyarakat modern (Soerjono Soekanto) antara lain:
  1. Bersikap terbuka terhadap pengalaman-pengalaman gres dan penemuan-penemuan baru
  2. Sikap mendapatkan perubahan sesudah menilai kekurangan yang dihadapinya
  3. Peka terhadap masalah-masalah yang terjadi dilingkungannya
  4. Berorientasi ke masa sekarang dan masa yang akan datang
  5. Menggunakan perencanaan dalam segala tindakannya
  6. Yakin anak manfaat iptek
  7. Menghormati hak, kewajiban dan kehormatan pihak lain (HAM)
  8. Tidak gampang menyerah/ pasrah terhadap nasib (selalu berusaha untuk memecahkan masalah).
  9. Senantiasa mempunyai isu yang lengkap mengenai pendiriannya
  10. Yakin bahwa potensi yang dimilikiknya sanggup dikembangkan.
Dengan mempelajari ciri-ciri masyarakat modern ibarat di atas sanggup ditarik satu pandangan bahwa masyarakat modern yakni masyarakat yang selalu bergerak (dinamis) menuju kemajuan (progres) dan masyarakat yang ulet, tangguh serta tidak kenal mengalah sehingga adanya tantangan, kendala dan gangguan justru merupakan kesempatan dan impian untuk maju.

Maka dari itu masyarakat modern yakni masyarakat yang optimis terhadap kehidupan ini. Kemajuan yang dicapai oleh masyarakat modern bukan berarti melupakan nilai-nilai luhur masa lalunya, alasannya yakni pandangan modern yakni pandang yang melihat dari ukuran kesesuaian. Makara nilai-nilai usang yang masih sesuai dan dianggap baik masih tetap dipertahankan dan nilai-nilai gres yang dianggap tidak sesuai akan dipergunakan. Hal ini terjadi alasannya yakni masyarakat modern yakni masyarakat yang rasional.

Baca juga perihal masyarakat tradisional di sini !! 

0 Response to "Pengertian Dan Ciri-Ciri Masyarakat Modern"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel