Kumpulan Definisi Dan Pengertian Mencar Ilmu Berdasarkan Para Ahli

Belajar ialah sebuah proses perubahan di dalam kepribadian insan dan perubahan tersebut KUMPULAN DEFINISI DAN PENGERTIAN BELAJAR MENURUT PARA AHLI
Belajar ialah sebuah proses perubahan di dalam kepribadian insan dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laris menyerupai peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, ketrampilan, daya pikir, dan kemampuan-kemampuan yang lain.

Berikut ini ialah beberapa pengertian dan definisi mencar ilmu berdasarkan beberapa hebat baik dari dalam maupun dari luar negeri Indonesia sbb:
1. Oemar Hamalik.
Belajar ialah bentuk pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara berperilaku yang gres berkat pengalaman dan latihan.

2. Eenest H. Hilgard
Belajar ialah sanggup melaksanakan sesuatu yang dilakukan sebelum ia mencar ilmu atau jika kelakuannya berubah sehingga lain caranya menghadapi sesuatu situasi daripada sebelum itu

3. Notoatmojo
Belajar ialah perjuangan untuk menguasai segala sesuatu yang berkhasiat untuk hidup

4. Ahmadi A.
Belajar ialah proses perubahan dalam diri manusia

5. Nasution
Belajar ialah menambah dan mengumpulkan sejumlah pengetahuan.

6. Cronbach
Belajar sebaik-baiknya ialah dengan mengalami dan dalam mengalami itu memakai panca indranya.

7. Winkel
Belajar ialah suatu acara mental / psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilakn perubahan - perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, ketrampilan, dan sikap-sikap

8. Noehi Nasution
Belajar ialah suatu proses yang memungkinkan timbulnya atau berubahnya suatu tingkah laris sebagai hasil terbentuknya respon utama, dengan syarat bahwa perubahan atau munculnya sikap gres itu bukan disebabkan oleh adanya kematangan atau adanya perubahan sementara lantaran suatu hal.

9. Snelbecher
Belajar ialah harus meliputi tingkah laris dari tingkat yang paling sederhana hingga yang kompleks dimana proses perubahan tersebut harus bisa dikontrol sendiri atau dikontrol oleh faktor-faktor eksternal.

10. Whiterington
Belajar ialah suatu proses perubahan dalam kepribadian sebagaimana dimanifestasikan dalam perubahan penguasaan pola-pola respontingkah laris yang gres faktual dalam perubahan ketrampilan, kebiasaan, kesanggupan, dan sikap.

11. Gagne (The Conditions of Learning 1977)
Belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi mencar ilmu dan setelah melaksanakan tindakan yang serupa itu. Perubahan terjadi akhir adanya suatu pengalaman atau latihan. Berbeda dengan perubahan serta-merta akhir refleks atau sikap yang bersifat naluriah.

12. Moh. Surya (1981:32)
Suatu proses perjuangan yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laris yang gres keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan. Kesimpulan yang bisa diambil dari kedua pengertian di atas, bahwa pada prinsipnya, mencar ilmu ialah perubahan dari diri seseorang.

13 Anni  (2004:4)
Proses paling penting bagi perubahan sikap insan dan ia meliputi segala sesuatu yang dipikirkan dan dikerjakan.

14. M. Sobry Sutikno
Suatu proses perjuangan yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh suatu perubahan yang gres sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

16. Slameto  (2003:2)
Suatu proses perjuangan yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laris yang gres secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

17. Skinner  ( Belajar dan pembelajaran )
Hubungan antara stimulus dan respons yang tercipta melalui proses tingkah laku.

18. Trianto (2010:16)
Proses mencar ilmu terjadi melalui banyak cara baik disengaja maupun tidak disengaja dan berlangsung sepanjang waktu dan menuju pada suatu perubahan pada diri pembelajar.

19. Ngalim Purwanto  (1992 : 84)
Setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku, yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman.

20. Hintzman, Douglas L  ( The Psychology of Learning and Memor y 1987 )
Suatu perubahan yang terjadi dalam diri organisme, insan atau hewan, disebabkan oleh pengalaman yang sanggup mempengaruhi tingkah laris organisme tersebut.

21. Arno F. Wittig ( Psychology of Learning  1981 )
Perubahan yang relatif menetap yang terjadi dalam segala macam tingkah laris suatu organisme sebagai hasil belajar.

22. James Patrick Chaplin ( Dictionary of Psychology 1985 )
Belajar dibatasi dengan dua macam rumusan. Rumusan pertama Belajar ialah perolehan perubahan tingkah laris yang relatif menetap sebagai akhir latihan dan pengalaman. Rumusan kedua Belajar ialah proses memperoleh respons-respons sebagai akhir adanya latihan khusus.

22. Spears
Mengamati, membaca, imited, untuk mencoba sesuatu sendiri, mendengarkan, mengikuti arahan.

Demikian semua wacana pengertian dan definis mencar ilmu berdasarkan para ahli. Semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung di blog ini.

Sumber: Dirangkum dari banyak sekali sumber !!

0 Response to "Kumpulan Definisi Dan Pengertian Mencar Ilmu Berdasarkan Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel