Cara Beternak Dan Budidaya Ikan Lele

Visiuniversal----Kebutuhan akan ikan lele untuk banyak sekali keperluan, menjadi peluang tersendiri bagi para peternak ikan. Ikan lele yang banyak digemari, di banyak sekali rumah makan, warung dan restoran selalu dicari, hal ini terlihat dari banyaknya pesanan ikan lele untuk sebagian besar perjuangan rumah makan ini.

Budidaya ikan lele jikalau digeluti dengan sungguh-sungguh sanggup memperlihatkan hasil yang sangat menguntuntungkan. Selain sanggup menjadi konsumsi rumah tangga sendiri juga sanggup menjadi sumber pendukung pendapatan bagi keluarga. Karena itulah beternak lele termasuk keterampilan life skill yang sangat bermanfaat bagi kita.

Berikut ini admin visiuniversal, akan mengulas secara singkat wacana bagaimana beternak lele secara sederhana, sebagai salah satu keterampilan dan life skill untuk meningkatkan pendapatan masyarakat warga berguru kita.


Mengenal Ikan Lele Unggul

Sebelum kita masuk pada cara bagaimana beternak ikan lele yang baik dan benar, terlebih dahulu kita akan mengenal apa yang dimaksud dengan ikan lele tersebut, baik dari segi jenis maupun karakteristik ikan lele yang cocok untuk dibudidayakan.

Jika kita melihat dari banyak sekali literatur dan sumber gosip di intenet, salah satunya di dalam buku freshwater Fishes of Western Indonesia and Sulawesi yang ditulis oleh Kottelat et. al. tahun 2003, di sebutkan ada beberapa jenis ikan Clarias, ialah Clalrias batrachus, C. leiacanthus, C. meladerma, C. nieuhofi, C. teijsmani dan C. gariepinus. Jenis Clarias gariepinus atau puler dengan lele dumbo merupakan ikan introduksi. Sedangkan yang lainnya merupakan ikan orisinil perairan umum Indonesia, jenis Clarias batrachus merupakan ikan konsumsi penting yang telah usang dibudidayakan. Saat ini muncul lele baru  jenis Clarias maladerma atau disebut lele keli yang merupakan ikan jenis unggul sehingga berpeluang menjadi aset dalam beternak ikan budidaya yang sangat penting.

Berdasarkan asalnya, lele Clarias maladerma banyak ditemukan di kawasan Sumatera, Sumatera Selatan, kawasan Keli. Oleh lantaran itulah lele ini disebut juga dengan nama lele keli. Sebetulnya ikan lele jenis ini sudah semenjak usang dikenal dan dikonsumsi oleh masyarakat kawasan Keli, Sumatera Selatan, budidayanya telah dirintis oleh Sub-Balitkawar Palembang pada tahun 1987 dan berhasil dipijahkan tahun 1989.

Berdasarkan taksonominya, lele Keli diklasifikasikan ke dalam :

Filum    : Chordata
Klas      : Pisces
Ordo     : Siluriformes
Famili    : Clariidae
Genus   : Clarias
Spesies : Clarias melademu.

0 Response to "Cara Beternak Dan Budidaya Ikan Lele"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel